Warga Muara Pegah Nikmati Listrik Bantuan PHM

Kosim (tengah) bersama LPM, beri sambutan yang dihadiri TNI AL, para kader desa dan warga muara pegah, menyampaikan terimakasih kepada PHM atas program SHS

Kosim: Terimakasih Warga Buat PHM

TENGGARONG, Swara Kaltim – Puluhan rumah di Muara Pegah RT.11 Kelurahan Muara Kembang Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutaikartanegara  saat ini telah dialiri aliran listrik bertenaga surya. 

Listrik menggunakan Teknik Solar Home System (SHS) bantuan PT. Pertamina Hulu Mahakam ini, ternyata sangat bermafaat dan merubah kedaan rumah-rumah warga setempat yang tadi gelap menjadi terang.

“Kami mewakili Kelurahan dan warga Muara Pegah menyampaikan terimakasih pada PHM atas bantuan listrik SHS ini. Yang selama ini warga setempat gelap gulita dan hanya mengandalkan genset masing-masing bagi yang punya,” ungkap Kosim Kasi Sosial mewakili Lurah Muara Kembang, saati dikunjungi awal media dan pihak managemen PT.PHM, Kamis (3/10/2019).

“Kini warga sangat terbantu secara ekonomi dan menambah ruang kegiatannya. Dan SMS ini merata dinikmati warga  RT.11 Muara Pegah,” sambung Kosim.

Teks foto: Awak media cetak, online, eletronik peserta training jurnalistik program PT.PHM, foto bersama departement comonication and media PHM, Lurah, RT 11 Muara Pegah Kelurahan Muara Kembang, Kecamatan Muara Jawa, Kab Kukar depan SD Swasta Muara Pegah

Selanjutnya Solohin menjelaskan kelurahanya terdiri dari 15 RT meliputi 3 RT berada di daerah laut seperti Muara Pegah, Muara Ulu Kecil dan Muara Ulu besar dengan luas wilayah Muara Kembang 260 ribu hektar dimana masyarakat Muara Kembang secara Keseluruhan pencahariannya petani dan nelayan. Tapi khusus Muara Pegah secara keseluruhan masyarakatnya rata-rata nelayan.

Masdar Ketua LPM Muara Muara Pegah menegaskan sangat membantu bantu warga yang ada di sekitar daerah operasional PHM. Bantuan ini tentunya harus dapat digunakan secara maksimal oleh masyarakat setempat.

Untuk itu, kata Masdar, masing-masing harus memiliki rasa tanggungjawab atas  perannya. Dalam hal ini peran LPM sebagai mitra pemerintah ditingkat Kelurahan dan wakil masyarakat, LPM menempatkan diri sebagai pengawas.

Kesempatan yang sama, Weanny Hikmat Head Of Media dan Visibility Departement PHM berharap bantuan SHM dari PHM ini kiranya dapat bermanfaat membantu meringankan kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

Bantuan PHM di bidang  pengelolaan listrik tenaga surya di Muara Pegah ini adalah yang pertama yang menjadi percontohan. Kemungkinan kedepan PHM akan memberikan bantuan SHS ke pada 2 RT yang ada didaerah laut yang belum teraliri listrik. (SIS)

Loading