Bersatu Kita Maju, Ini Pesan Bupati Mahulu Untuk Pemuda

MAHAKAM ULU, Swara Kaltim – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tingkat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) di pimpin Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, berlangsung di lapangan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Senin (28/10/2019).  

Peringatan HSP di wilayah perbatasan RI-Malaysia bagian timur ini, diwarnai dengan pakaian daerah oleh Kepala SKPD, Forkopimda, pegawai ASN, Honorer di lingkungan Pemkab Mahulu. Apel itu juga diikuti TNI-Polri, DPD KNPI serta puluhan pelajar putra-putri mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA Long Bagun, serta Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad.

Nampak Apel HSP ke 91 diwarnai dengan pakaian daerah oleh Kepala SKPD, Forkopimda, pegawai ASN, Honorer di lingkungan Pemkab Mahulu

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menjadi pembina upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali. Dalam sambutanya Bupati menyampaikan, peringatan HSP ke-91 mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”.

“Makna dan komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Persatuan dan kesatuan mewujudkan cita-cita bangsa. Isi Sumpah Pemuda yaitu, putra dan putri Indonesia bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Serta menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia,” ucap Boni.

Menpora menegaskan, pesatnya perkembangan teknologi memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Lanjut dia, informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme. Pemuda harus membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

“Tema Bersatu Kita Maju bagi seluruh elemen bangsa. kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” jelasnya.

Ia mengajak seluruh pemuda untuk berjuang, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.

“Saya ucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91. Semoga kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita,” pungkas Boni.

Peringatan HSP ke-91 itu, dihadiri Wakil Bupati Y Juan Jenau, Sekdakab Yohanes Avun, Ketua TP-PKK Yovita Bulan Bonifasius, Anggota DPRD Mahulu Martina Luaq, sejumlah kepala OPD dilingkup Pemkab Mahulu, Polsek dan Koramil Long Bagun, Ormas/LSM, serta ratusan peserta upacara terdiri murid, pelajar, dan siswa sekolah.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi

Loading