Pemkab Mahulu Libatkan Tenaga Kesehatan Satgas Pamtas RI-Malaysia

Loading

MAHAKAMULU, Swara Kaltim – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Dinas Kesehatan bekerjasama dengan tenaga kesehatan Satgas Pamtas RI-Malaysia sektor Mahulu Yonif Raider 303/SSM Kostrad, menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial kepada masyarakat.

Kegiatan bakti sosial itu berupa pelaksanaan operasi katarak dan pengobatan gratis, puskesmas terapung, pelayanan posbindu dan KBKES serta seminar kesehatan di wilayah perbatasan, berlangsung di lapangan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kamis (21/11/2019) pagi.

Selain bakti sosial, juga dilaksanakan kegiatan perlombaan, seperti lomba karnaval berjalan dan visualisasi peran sesuai tema kesehatan, senam zumba, senam cerdik untuk tingkat SMP – SMA dan senam cuci tangan untuk tingkat TK – SD serta lomba pembuatan jamu tradisional yang di ikuti masyarakat setempat.

Dalam peringatan itu, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh melalui Kepala Dinkes Mahulu, Agustinus Teguh Santoso, membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto. Dimana tema dari kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 ini adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul.”

Menurutnya, pemilihan tema tersebut selain dimaknai sebagai upaya bersama seluruh pemangku kepentingan untuk terlibat dalam pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai sebagai kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat dalam pembangunan pada periode berikutnya.

“Presiden juga menyatakan ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Dimana pembangunan yang menitik beratkan kepada semua aspek. Karena diyakini SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa,” ungkap Teguh.

Dalam sambutannya, Bonifasius Belawan Geh mengajak seluruh stakeholder dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata khususnya di wilayah Mahulu.

Sementara Dansatgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Letkol INF Taufik Ismail mengatakan, agar masyarakat yang ada di perbatasan ini memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang tidak sehat. Karena kata Ismail, sehat menjadi hal yang sangat penting sehingga dapat menjadi warga bangsa yang produktif.

“Terimakasih kepada pemerintah setempat yang telah melibatkan Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad di peringatan HKN ke-55 ini. Sehingga kita dapat melaksanakan berbagai kegiatan diantara pengobatan gratis, dan seminar kesehatan. Ini merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat yang ada di perbatasan,” pungkas Ismail.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut, Kepala Diskes Mahulu Agustinus Teguh Santoso didampingi Dansatgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Letkol INF Taufik Ismail, melepas peserta lomba karnaval berjalan di lapangan Ujoh Bilang.

Hadir dalam peringatan HKN ke-55 itu, para pejabat teras Pemkab Mahulu, Kepala SKPD, perwakilan Forkopimda, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh pegawai pemerintah setempat, mulai dari pegawai tingkat ASN, Honorer dan masyarakat setempat yang turut memadati lapangan Ujoh Bilang, dalam peringatan tersebut.

Penulis : Riki

Editor : Alfian