Persiapan Debat Publik Perdana, Bawaslu Ingatkan Protokol Kesehatan dan Netralitas Moderator

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Bawaslu Kota Samarinda menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan menjelang Pelaksanaan Debat Publik Calon Walikota Samarinda Tahun 2020 di cafe yen’s delight. Kegiatan dibuka Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat, Jumat (16/10/2020).

“Rakor diadakan dalam rangka penyamaan persepsi dari berbagai pihak terkait tentang mekanisme teknis pelaksanaan Debat Kandidat Calon Walikota Samarinda yang akan digelar di Hotel Mercure 18 Oktober 2020 mendatang,” ucap Firman dalam sambutannya.

Dirinya juga mengharapkan dari pihak keamanan dapat menindak tegas terdapat kerumunan masa yang sesuai dengan maklumat Kapolri. Debat nantinya mengangkat Tema tentang Pandemi Covid 19 Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.

Usai sambutan Ketua KPU Kota Samarinda dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama dengan Stasiun TVRI Kaltim terkait Penyiaran Debat Publik Calon Walikota Samarinda Tahun 2020.

Ketua Bawaslu Kota Samarinda Abdul Muin dalam Rakor tersebut mengharapkan moderator dapat bersikap netral menjaga kesamaan dan keseimbangan dalam hal durasi waktu jawaban yang diberikan dan dilarang memberikan opini, komentar dan juga penilaian mengingat pentingnya peran moderator dan diharapkan dari berbagai pihak yang hadir pada debat nantinya menyadari tentang standar Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19.

“Dalam debat nanti harus tetap diperhatikan protokol kesehatan dan moderator dalam agenda tersebut harus bersikap senetral-netralnya dalam semua hal,” ungkapnya.(*ai)