Puluhan Wartawan Kubar Telah di Vaksin Covid-19

Loading

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Ratusan petugas pelayan publik atau pegawai dan aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan Kabupaten Kutai Barat (Kubar) telah di suntik Vaksin CoronaVac, untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Selain itu penyuntikan vaksin juga diikuti TNI-Polri dan puluhan awak media atau wartawan yang bertugas di wilayah ini. Pelaksanaan vaksin terpusat di Alun Alun Itho Sendawar, Komplek Perkantoran Bupati Kubar, Kamis (4/3/2021).

Pemberian vaksin kepada wartawan karena risiko tertular Covid-19 bagi pewarta ini juga tinggi, disebabkan tugas mereka dinilai cukup berisiko tertular virus corona dengan mobilitas tinggi.

Muhamad Yasin (Dayan) mengatakan, setalah disuntik vaksin, dirinya hanya merasa sedikit sakit bekas tusukan jarum. Selebihnya, Dayan tak merasakan efek samping apapun.

“Setelah disuntik, tidak ada efek samping apapun seperti yang ditakuti warga. Bahkan kalau bisa disuntik dua kali sekaligus hari ini, saya siap. Namun petugas kesehatan telah menjadwalkan vaksin kedua pada 18 Maret mendatang di puskesmas terdekat,” jelas Dayan.

Senada dikatakan Febriawan mengatakan, sebelum menerima vaksin, dirinya telah mempersiapkan pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga tak ada kendala saat diperiksa petugas kesehatan pada dirinya saat menerima suntikan vaksin.

“Hari ini ada satu rekan wartawan kita yang tak bisa menerima suntikan vaksin, ini karena darah tingginya naik saat menjalani pemeriksaan oleh petugas. Mau tidak mau dia harus kembali pada 16 Maret mendatang,” tutur Febri bendahara Asosiasi Jurnalis Kubar-Mahulu atau AJK usai menerima vaksin.

Sementara salah seorang petugas kesehatan yang bertugas dalam penyuntikan vaksin CoronaVac menyampaikan, kegiatan penyuntikan vaksin Covid-19 hari ini dilakukan secara serentak dan terpusat di Alun Alun Itho Sendawar.

Ia mengemukakan, vaksinasi merupakan salah satu upaya dalam memutus mata rantai penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya wilayah Kubar Kalimantan Timur.

“Setelah ini penyuntikan vaksin berlanjut di Puskesmas wilayah kecamatan masing-masing, pada 16 Maret mendatang. Kemudian untuk tahap kedua bagi yang sudah di vaksin hari ini, maka akan kembali di vaksin pada 18 Maret mendatang,” jelasnya.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi (SK).