RPJMD Kabupaten Berau 2021-2026 Fokus Utama Meningkatkan SDM

Loading

Caption: Dokumen Raperda RPJMD diserahkan Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, diterima Ketua DPRD berau Madri Pani.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Berau tahun 2021-2026 secara resmi telah disampaikan Bupati Bumi Batiwakkal Sri Juniarsih Mas melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bertempat di ruang rapat utama kantor DPRD Jl Gatot Subroto Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb, Senin (10/5/2021).

Ternyata fokus utama visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kota Sanggam periode 2021-2026, Sri Juniarsih Mas dan Gamalis adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebagaimana visi kedua petinggi di Berau tersebut yakni “Mewujudkan Berau Maju dan Sejahtera dengan Sumber Daya Manusia yang Handal untuk Transformasi ekonomi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam secara berkelanjutan”.

Juga melalui misi pembangunannya ada empat (4) rumusan, dimana hal pertama adalah meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sejahtera dan berbudi luhur. Lalu meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya alam dan pertanian dalam arti luas yang berbasis kerakyatan dengan perluasan lapangan kerja dan pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

Kemudian baru meningkatkan sarana dan prasarana publik yang berkualitas, adil dan berwawasan lingkungan dan terakhir meningkatkan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan dan akuntabel.

“Jadi RPJMD kita untuk lima tahun kedepan memang Sekarang lebih fokus untuk meningkatkan SDM. Daerah kita memiliki potensi luar biasa Sumber Daya Alam (SDA)nya sehingga dengan memiliki SDM handal, yang menjadi prioritas kita untuk meningkatkan ekonomi masyarakat akan mudah terwujud,” ungkap Srikandi pertama berhasil menjadi Bupati di Kabupaten Berau itu, saat dimintai tanggapannya usai mengikuti rapat Paripurna penyampaian RPJMD Bupati Berau Tahun Anggaran (TA) 2021-2026. Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut tambahnya, di rumuskan strategi pembangunan daerah dengan tujuan, sasaran serta strategi yang terukur dan rasional.

“Seperti misi pertama kami meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sejahtera dan berbudi luhur,” ujar Sri Juniarsih.

Tujuannya mewujudkan masyarakat Berau yang berdaya saing dengan sasaran meningkatnya kualitas dan jangkauan layanan pendidikan, sedangkan salah satu strateginya mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan bagi seluruh masyarakat melalui peningkatan sarana prasarana pendidikan yang lebih memadai, penyediaan beasiswa dan biaya personil peserta didik yang tidak mampu, pembinaan minat bakat dan lainnya.

“Diluar dari visi dan misi dari kepemimpinan kami, ada 18 janji kampanye kami terhadap masyarakat berupaya diwujudkan. Mudahan saya juga bapak Gamalis mampu merealisasikan,” imbuh Petinggi di Bumi Batiwakkal tersebut.

Sedangkan arah kebijakan pembangunan 2021-2026 ibu dari lima (5) anak tersebut, tahun 2021 tahapan resentensi, pengendalian Covid 19 langkah awal. pemulihan ekonomi.

Tahun 2022 pengembangan sektor unggulan daerah yakni Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Pariwisata dan Pertanian serta peningkatan daya saing Investasi dalam mendukung percepatan pemulihan daya saing.

Untuk tahun 2023 peningkatan kualitas SDM yang menguasai iptek dan imtak untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis kearifan lokal. Lalu tahun 2024 pemerataan sarana dan prasarana publik yang berkualitas dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah. Serta tahun 2025 penguatan tata kelola pemerintahan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi harapan saya setelah dari penyampaian ini tahap selanjutnya antara Pemkab, perangkat perangkatnya juga anggota Legeslatif bs mensinkronkan kegiatan kegiatan ini untuk memaksimalkan dan mengupayakan program kerja kedepan supaya bs lebih dirasakan oleh masyarakat.

Harapan kami dari wakil rakyat, kami mohon dukungan dan masukan untuk mengembangkan cita cita kami kedepan sehingga sejalan antara eksekutif dengan legeslatif,” tutur Bupati lagi.

Masih Sri Juniarsih, keberhasilan penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Berau untuk dapat mewujudkan visi Bupati perlu didukung oleh komitmen dari kepemimpinan daerah yang kapabel, berkualitas, dan demokratis.

Berikutnya tata pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih (good governance and clean government), konsistensi kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Berau, keberpihakan kepada rakyat (pro-poor policy), partisipasi aktif masyarakat, media massa dan dunia usaha serta mekanisme pengendalian dan pengawasan (check and balance) juga akuntabilitas publik yang baik.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten berau Madri Pani, menanggapi dari disampaikan Raperda RPJMD Bupati Berau mengatakan, berupaya mempercepat supaya bisa disahkan menjadi Perda. Makanya dalam waktu dekat segera dibahas Raperda RPJMD tersebut internal dewan. Sebagai upaya turut koreksi 18 program unggulan Bupati ibu Sri Juniarsih dan Wabup bapak Gamalis guna sinkronkan dengan apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang dewan serap melalui reses.

“Harapan kami apa yang menjadi visi misi juga 18 program Bupati dan Wabup terpilih Kalau bisa bersinergi dengan hasil serapan kami mellaui reses. Sehingga semua aspirasi masyarakat terjawab dan fokus wujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat supaya benar benar tepat sasaran program program tersebut,” Madri Pani, plitikus asal Partai Nasional Demokrat (Nasdem). (nht)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)