India Catatkan Rekor Kematian karena Corona dalam Sehari

Caption : tampak pasien positif Covid-19 saat menjalani perawatan medis, (dok-ilustrasi)

JAKARTA, Swarakaltim.com – Otoritas India pada hari Rabu (19/5) ini melaporkan rekor 4.529 kematian akibat infeksi virus Corona dalam sehari. Ini merupakan rekor angka kematian harian di negara yang dilanda tsunami Corona itu.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (19/5/2021), jumlah korban kematian harian akibat virus Corona telah meningkat dalam beberapa hari terakhir seiring kasus-kasus infeksi menyebar ke kabupaten-kabupaten pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang buruk.

Dengan jumlah kematian terbaru, jumlah total kematian karena Corona di India kini telah meningkat menjadi 283.248 kematian. Jumlah kematian tersebut merupakan yang tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dengan lebih dari 600.000 kematian dan Brasil dengan sekitar 440.000 kematian.

Namun, para ahli mengatakan bahwa jumlah korban di India yang sebenarnya jauh lebih tinggi. Lebih dari 267.000 kasus baru infeksi Corona dilaporkan dalam waktu 24 jam terakhir. Sehingga kini jumlah totalnya mencapai 25,5 juta kasus, kedua terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat.

Jika kasus harian terus tinggi seperti ini, India bisa menyalip Amerika Serikat pada bulan Juni mendatang.Gelombang tsunami Corona telah melanda India selama enam minggu terakhir, menyebabkan negeri itu mengalami memakan kekurangan tempat tidur rumah sakit, oksigen, dan obat-obatan penting.

Sejak awal April, jumlah kasus telah meningkat dua kali lipat dan lebih dari 100.000 orang telah meninggal.Pihak berwenang India mengatakan bahwa jumlah kasus baru harian terus berada di bawah 300.000 kasus selama tiga hari berturut-turut.

Ini menandakan bahwa gelombang kasus telah mulai mereda.”Kurva pandemi mulai stabil,” kata V.K. Paul, kepala gugus tugas COVID-19 pemerintah India.(dtc/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts