Berau Perlu Suport Anggaran Dari Pemprov Kaltim Untuk Sukseskan Porprov 2022

Kepala Dispora Berau Amiruddin

Amiruddin,”Kami Telah Mengajukan Sebesar Rp 222 Miliar”

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2022 semakin dekat, berbagai persiapan yang menjadi persyaratan utama Kabupaten Berau bisa menjadi tuan rumah even tersebut yakni memiliki Stadion Olimpic Mini terus dipacu progresnya. Sekarang yang perlu daerah perjuangkan adalah suport anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk sukseskan pelaksanaan Porprov nantinya, karena ditengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) saat ini sangat mempengaruhi keuangan daerah.     

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Bumi Batiwakkal Amiruddin saat dikonfirmasi via HP, Rabu (18/08/2021). “Beberapa waktu lalu kami bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau telah melakukan pertemuan dengan Pemprov Kaltim mengenai anggaran yang akan digunakan untuk kegiatan Porprov. Kami telah mengajukan anggaran sebesar Rp 222 miliar, mudahan dipenuhi Pemprov,” kata beliau. Namun, hasil dalam pertemuan tersebut belum bisa di putuskan. “Dispora sampai saat ini masih menunggu undangan kembali dari Pemprov untuk membahas terkait pelaksanaan juga anggaran diperlukan guna sukseskan Porprov 2022 di Berau nantinya,” tambah Amiruddin.

Lanjut beliau, Dispora juga berharap akan mendapat bantuan fisik bangunan untuk dibangun di belakang kantor Dispora Jl Gatot Subroto Kecamatan Tanjung Redeb. Bangunan itu untuk mempermudah pelaksanaan Porprov nantinya. Saat pelaksanaan rencananya juga, kemungkinan akan ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang dilaksanakan di luar Berau. Hal ini mungkin saja mengingat Berau  tidak memiliki fasilitas tersebut. “Misal saja cabor bowling, di kita tidak ada, mungkin akan di luar Berau digelar lombanya. Nantinya juga untuk pembukaan serta penutupan even bergengsi tersebut akan dilaksanakan di Stadion Olympic Mini, Teluk Bayur,” Amiruddin.

Kepala Bapelitbang Berau yang juga Asisten II Sekkab Berau Agus Wahyudi.

Agus Wahyudi: Progres Stadion Mini Olympik Sudah 75 Persen

Untuk mewujudkan agar Bumi Batiwakkal bisa memenuhi persyaratan menjadi tuan rumah Porprov November 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Berau telah menggelontorkan anggaran tidak sedikit. Terlebih lagi khusus pembangunan Stadion Olimpic Mini sepenuhnya menggunakan anggaran daerah. Nilainya  Rp 56.000.000.000,- yang akan direalisasikan dengan sistem pembayaran Multiyears (MYC) sejak Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran (TA) 2019, terakhir melalui APBD-P TA 2021.

 “Jadi progres untuk pembangunan Stadion Olympic Mini saat ini sudah 75 persen,” ungkap Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau Agus Wahyudi. Masih menurut Agus, dalam hal Stadion Mini ini ada juga suport dari Pemprov yaitu biaya untuk jalan masuk menuju ke Stadion yang sebesar Rp 6.000.000.000,-. Tetapi untuk bangunan Stadionnya murni anggaran daerah. Sejauh ini tambah beliau, seputar Porprov masih banyak cabor yang membutuhkan pembangunan venue baru. Juga memerlukan pengadaan peralatan tanding. “Mudah mudahan anggaran diperlukan untuk sukseskan Porprov di Berau tahun depan dibantu Pemprov,” ujar Agus yang juga merupakan Plt Asisten II Sekkab Berau tersebut. (nht/***)

Bagikan:

Related posts