Gubernur Minta RIRU Harus Memacu Investasi Daerah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Gubernur Kaltim H Isran Noor meminta kepada lembaga  Regional Investor Relation Unit (RIRU) Provinsi Kaltim, untuk  terus  memacu investasi di daerah dengan mengembangkan inovasi dan kreativitas para pengusaha yang ada di Kaltim, mulai yang kecil sampai yang besar,  sehingga bisa bangkit ditengah  pandemi Covid-19.

“Peluang investasi di Kaltim terbuka lebar, terkait dengan proyek-proyek pembangunan infrastruktur, dan proyek pembangunan daerah, untuk itu promosi perlu ditingkatkan, untuk pengembangan kawasan ekonomi khusus, kawasan industri dan perdagangan serta lainnya,  begitu pula mekanisme kerjasama luar negeri serta kemudahan dalam perizinan,” kata Isran Noor saat membuka High Level Meeting  Regional Investor Relation Unit (RIRU) Provinsi Kaltim tahun 2021, yang digelar di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Kamis (9/9/2021).

Mantan Bupati Kutai Timur itu menambahkan, dampak pandemi Covid-19, sangat dirasakan disektor kepariwisataan, baik itu pengusaha perhotelan, biro perjalanan, kuliner dan lain-lainnya, lebih khusus  masyarakat selaku  pelaku  usaha dan penjualjasa. 

Di Kaltim sendiri setidaknya sudah ada 63 desa wisata atau desa yang memiliki kawasan wisata  yang potensial, yang terdiri wisata rintisan, desa wisata maju dan desa wisata mandiri.

“Oleh karena itu, melalui  high level meeting RIRU ini dapat dmanfaatkan  dengan baik, sebagai forum koordinasi dan formul mencari jalan dalam  upaya peningkatan investasi, industri perdagangan dan pariwisata di Kaltim,  dengan menciptakan iklim berusaha yang kondusif dan ramah investasi,” tandas Isran Noor.

Sekretaris 1 RIRU Kaltim H Nazrin mengatakan tujuan diselenggaranya high level meeting RIRU  adalah untuk memperkuat kembali sinergitas antara lembaga dalam pengelolaan RIRU Kaltim yang tekah dibentuk sejak tahun 2015, guna mendukung peningkatan kinerja sektor investasi, perdagangan , perindustrian dan pariwisata  menuju Kaltim yang berdaulat.

Forum ini bertujuan sebagai wadah koordinasi dan kerjasama untuk dapat mendorong laju investasi, perdagangan, perindustrian dan pariwisata di Kaltim, serta mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil  dan berkelanjutan,” kata Nazrin.

Dalam kesempatan tersebut  Nazrin  yang juga Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, melaporkan berbagai kegiatan promosi investasi, kegiatan penjaringan proyek investasi, sertifikasi infrastructure business  case difasilitasi oleh Bristish Chamber of Commerse Indonesia dan Bappenas RI, serta beberapa koodinasi dan komunikasi dalam wadah dedicate team meeting guna merumuskan kebijakan terkait kerkembangan RIRU kedepan.

Usai pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Kaltim, kemudian dilanjutkan paparan yang sampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Administarsi  Pembangunan Setdaprov Kaltim Abu Helmi dan paparan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono.(mar/yans/admpimprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi (SK)

Publisher : Alfian

Bagikan:

Related posts