Kades Sebulu Ulu Ajak Polsek Serta Muspika Giat Rehab Ringan Rumah Warga Tak Mampu Dengan Swadaya.

Kades Sebulu Ulu didampingi perwakilan Polsek Sebulu dan Koramil Sebulu menjelaskan kepada awak media terkait rehab rumah ringan milik warganya yang tidak mampu, Senin (4/10/2021) tadi pagi.

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Kasmadi (54), warga RT 011 RW Jalan Meranti Desa Sebulu Ulu, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sebentar lagi memiliki rumah layak huni, karena atas inisiatif Kepala Desa (Kades) Sebulu Ulu bersama Polsek serta Muspika telah melakukan rehab ringan rumah miliknya, pada sabtu (11/9/2021) lalu.

Saat di kunjungi oleh awak media bersama Kades Sebulu Ulu dengan di dampingi perwakilan Polsek Sebulu dan perwakilan Koramil Sebulu di rumah warga bernama Kasmidi di jalan Meranti RT 11, Senin (4/10/2021) tadi pagi.

Di hadapan awak media Kasmidi mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kades dan Polsek serta Muspika Sebulu yang telah membantu merehab rumahnya.

“Kami telah mendiami selama kurang lebih 11 tahun, dan memang kondisi rumah saya tidak layak huni lagi, karena tidak mampu memperbaiki nya,” lanjutnya.

“Selama ini, Kasmadi tinggal bersama istrinya, kebutuhan hidupnya kerja serabutan dan tidak bisa memperbaiki rumahnya, karena tidak memiliki pekerjaan tetap (serabutan),” ujarnya.

Untuk mengawali kegiatan sosial tersebut, pihak Kades Sebulu Ulu bersama Polsek dan Muspika sebelumnya pelaksanaan rumah telah melakukan survei di rumah Kasmadi pada hari Jum’at (10/9/2021) lalu, guna melihat langsung kondisi rumah dan menentukan konsep pembangunan yang akan dilaksanakan.

Saat di temui awak media, Kades Sebulu Ulu Zulhaidir menjelaskan bahwa kondisi rumah Kasmadi sudah tidak layak huni, karena dinding rumah sudah rusak, terutama pada kayu atap rumah sudah banyak yang lapuk serta atap rumah yang perlu di benahi.

“Berawal dengan adanya edaran video rumah warga kami di media sosial (Facebook), dan ini menjadi perhatian saya, bahkan setelah melihat video ini saya tidak bisa tidur, dan esoknya saya segera menghubungi Kapolsek dan Koramil Sebulu untuk bisa hadir dan meninjau lokasi rumah warga yang tidak layak huni ini,” imbuhnya.

“Dan setelah melihat kondisi rumah warga ini, besoknya kami membongkar rumah warga sebagian, karena kondisi terparah pada rumah warga ini di bagian dinding dan atap rumah yang sudah rusak dan bolong,” ucapnya

“Saat ini, kami telah membongkar rumah tersebut dan di rehab ringan di bagian dinding dan atapnya diganti, selain itu Juga telah dibangun juga kamar mandi dan WC permanen melalui dari Program Pemerintah Pusat SANDES,” katanya.

Kades berharap, dengan pelaksanaan rehab ringan rumah nanti, Kasmadi sekeluarga bisa memiliki rumah layak huni yang aman dan nyaman untuk ditempati.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab bersama pemerintah, Polsek dan Muspika Sebulu Ulu untuk membantu warga tidak mampu,” tuturnya.

“Dan setelah rumah Kasmadi di rehab ringan, masih ada dua unit rumah lagi yang akan kami rehab ringan juga, dan bertahap kami lakukan agar warga kami tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di Desa Sebulu Ulu ini,” terangnya.

Melalui via telepon seluler, Kapolsek Sebulu AKP Agus Kurniadi, menambahkan, rehab ringan rumah ini merupakan kegiatan yang di inisiator oleh Kades Sebulu Ulu, dan kami mendukung penuh untuk kelancaran kegiatan rehab ringan ini.

“Ini sikap peduli dari Kades Sebulu Ulu dan suatu ide cemerlang oleh Kades ini, telah mengajak Kami (Polsek) untuk program Kades dalam mensukseskan rehab ringan rumah warga tidak mampu ini,” sambung Kapolsek melalui via telepon seluler saat di wawancara awak media di ruang Kantor Desa Sebulu Ulu.

“Saya berharap para Kades di Kecamatan Sebulu ini bisa melihat dan memperhatikan kesejahteraan warga yang tidak mampu, dan kami dari Polsek Sebulu siap mendukung dan bersinergi dengan Muspika serta para Kades di Kecamatan Sebulu agar bisa membantu dan meringankan beban warga yang tidak mampu,” jelasnya.

Senada dari Danramil Sebulu Lexsy pelemon a. P mengatakan bahwa ide Kades Sebulu Ulu dalam merehab ringan rumah milik warganya sangat lah tepat.

“Karena warga sangat membutuhkan perhatian dari pimpinan wilayah khususnya di Desa Sebulu Ulu ini,” sambungnya saat wawancara melalui telepon seluler oleh awak media.

“Program dalam membantu warga di tengah pandemi Covid-19, terutama rehab ringan rumah warga, tentunya Kami selaku TNI di satuan Koramil sangat mendukung ide Kades Sebulu Ulu demi mensejahterakan warga yang tidak mampu ini,” paparnya.

“Kami (Koramil) siap mendukung dan berkolaborasi dengan masyarakat baik tenaga maupun fisik material,” tegasnya

Di lain pihak Camat Sebulu Edi Fahrudin memberikan apresiasi kepada Kades Sebulu Ulu, Polsek Sebulu dan Muspika setempat sehingga rumah Kasmadi berukuran 8×8 meter di rehab ringan, sehingga warga dapat mendiami dengan rasa nyaman dan aman.

“Atas nama pemerintah Kecamatan, kami mengucapkan terima kasih kepada Kades Sebulu Ulu, Polsek Sebulu serta Muspika yang sudah peduli terhadap warga,” katanya.

“Kedepannya saya akan membantu program rehab rumah ataupun bedah rumah warga yang tidak layak huni ini,” ucapnya.

“Saya berharap kepada para Kades, Polsek dan Muspika di Sebulu agar bisa mencari rumah warga yang tidak mampu untuk dilkukan rehab ataupun bedah rumahnya,” pesannya.

“Dan Desa Sebulu Ulu ini merupakan Desa pertama kali melakukan Swadaya dalam kegiatan rehab ringan rumah warga, dan semoga bisa dijadikan panutan bagi Kades di wilayah Kecamatan Sebulu ini,” pungkasnya. (Adv/AI)

Bagikan:

Related posts