Raih APE, Komisi IV DPRD Samarinda Apresiasi Pemkot

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti (Pegang Piala) saat menghadiri seremoni penyerahan penghargaan di kantor Inspektorat Samarinda.

SAMARINDA. Swarakaltim.com – Komisi IV DPRD Samarinda mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Kota Samarinda dalam mengimplementasikan program Pengarusutamaan Gender (PUG) sehingga meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) katagori Pratama tahun 2020.

Hal ini disampaikan ketua Komisi IV DPRD Samarinda Dr Sri Puji Astuti ketika menghadiri kegiatan seremoni penyerahan penghargaan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) secara virtual yang berlangsung di ruang rapat gedung Inspektorat Samarinda, jalan Dahlia, Rabu (13/10/2021) pagi.

Untuk diketahui APE merupakan penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan serta stakeholder pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

“Atas nama DPRD Samarinda, kami mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih Pemkot Samarinda dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” ungkap Sri kepada wartawan.

Politisi Demokrat ini mengaku bangga atas  pencapaian Pemkot Samarinda dalam meraih Anugerah Parahita Ekapraya  predikat Pratama ini.

“Semoga prestasi ini bisa terus ditingkatkan dengan naik predikatnya dan minimal bisa dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang,” tutur Sri yang biasa disapa Puji.

Namun lanjut Puji yang lebih utama program PUG benar-benar dapat diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya oleh warga.

“Kita lembaga legislatif selaku wakil rakyat siap mendukung terhadap program-program positif semata-mata untuk kesejahteraan warga di berbagai bidang dan lini,” ungkapnya.

Apalagi katanya upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender ini terintegrasi dalam 10 program unggulan serta Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Samarinda.

Tak hanya itu, Puji mengemukakan pula bahwa Pemkot Samarinda juga telah menerbitkan Perda PUG nomor 2 tahun 2020, tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah Kota Samarinda.

Menurut Puji mereka juga selalu berkoordinasi dengan OPD tekhnis dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) kota Samarinda.

“Termasuk juga di dalam program PUG ini terdapat pula Tim Pokja PUG, Tim Driver dan seluruh Tim Focal point Perangkat Daerah,” pungkas Puji.(dho)

Bagikan:

Related posts