Hari Pertama Kerja, ASN Melakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Donor Darah

Loading

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Hari pertama kerja di lingkungan pemkot Balikpapan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan pemeriksaan kesehatan di ruang rapat kantor Wali Kota Balikpapan. Pemeriksaan ini, memastikan kondisi ASN dalam keadaan sehat pasca cuti Bersama.

“Pemeriksaan kesehatan di hari pertama bagi ASN dilinkungan pemkot ini, diinisiasi oleh Walikota dan Pj Sekda dalam rangka memastikan kondisi ASN dalam keadaan sehat, sehingga mereka dapat kembali bekerja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty kepada awak media, Senin (09/05/2022).

Andi biasa disapa Dio mengaku, adapun pemeriksaan kesehatan dimulai dari pemeriksaan tekanan darah, berat dan tinggi badan serta lingkar perut, guna mengevaluasi kegemukan. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat dan kondisi hipertensi hingga donor darah.
” Mudah-mudahan hasilnya baik dan donor darah bisa disumbangkan ke PMI yang akan diteruskan kepada pasien yang membutuhkan nanti, ” ujarnya.

Andi menjelaskan, pemeriksaan kesehatan ini bertujuan mengetahui kesehatan kita semua agar betul-betul sehat siap bekerja kembali. Memang ini perlu dilakukan pemeriksaan enam bulan sekali apalagi setelah liburan panjang mungkin lelah dan mungkin ada perubahan pola konsumsi. “Nah ini kita cek dulu karena bapak Walikota mengarahkan kita semua karena setelah ini kita harus bekerja gaspoll, ” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rahmad Masud menjelaskan, dirinya mengajak kepada masyarakat untuk mendonorkan darahnya. “ Melakukan donor darah untuk kesehatan juga setetes darah sangat bermanfaat bagi mereka yang memerlukan,” tutupnya.

Hal senada diungkapkan Ketua PMI Balikpapan Dyah Muryani. Menurutnya, kegiatan donor darah ini merupakan ide dari Walikota Balikpapan, dikarenakan setiap bulannya dibutuhkan 2000 lebih kantong darah baik melalui UTTD PMI maupun UTTD RSKD, guna memenuhi kebutuhan pasien terutama anak-anak talesemia, leukimia, cuci darah, kecelakaan dan ibu melahirkan. “Golongan darah O dan AB merupakan jenis golongan darah yang sering kurang stoknya,” tutupnya(*/Dbe)