Empat Jalur Penerimaan PPDB di Balikpapan

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan memastikan persiapan pelaksanaan PPDB tahun 2022 terus berjalan lancar dan tidak ada kendala. Demikian diungkapkan Sekretaris Panitia PPDB kota Balikpapan tahun 2022, Ganung Pratikno.

“Untuk jalur zonasi kembali dibuka bagi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) SD dan SMP. Jalur zonasi adalah jalur masuk CPBD berdasarkan kedekatan domisili calon peserta didik dengan RT maupun kelurahan sekolah tujuan,” ujar Ganung kepada awak media, Jumat(10/6/2022).

Ganung menjelaskan, untuk persiapan PPDB masih terus berjalan. PPDB pada tahun ini dan masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Terdapat empat jalur yang disiapkan, yakni afirmasi, perpindahan, prestasi dan zonasi. Diakui terdapat perbedaan mengenai penentuan seleksi jalur zonasi PPDB di kota Balikpapan tahun ajaran 2021/2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Zonasi akan dibagi menjadi tiga prioritas sesuai dengan letak rumah calon siswa dengan sekolah yang dituju yakni berdasarkan R1 dimana rumah calon peserta didik baru, berdekatan dengan lokasi sekolah. Kemudian rumah calon siswa RT nya sama dengan RT lokasi sekolah. Untuk prioritas kedua zonasi akan diperluas dengan RT di sekitar sekolah berada atau masih satu RT dengan lokasi sekolah,” tegasnya.

Ganung menjelaskan, untuk petunjuk teknis (Juknis) mengenai PPDB tersebut telah dibuat. Pelaksanannya mulai tanggal 10 sampai 29 Juni, proses validasi dan verifikasi, kemudian pendaftaran peserta 20 hingga 30 Juni. Selanjutnya pengumuman tanggal 1 Juli dan daftar ulang tanggal 2 samapi 4 Juli. “terkait adanya sejumlah masalah yang kerap muncul saat PPDB / persoalannya adalah daya tampung. Untuk lulusan SD sekira 13 ribu lebih, sementara daya tampung SMP hanya enam ribu saja,” katanya.

Ganung menambahkan, untuk persiapan PPDB Disdikbud sudah mantang dari segi aplikasi 99,9 persen. Adapun tahapan PPDB SD dan SMP 2022 Proses validasi 10 hingga 29 Juni, pendaftaran 20 Juni hingga 30 Juni, pengumunan 1 Juli dan daftar ulang 2 hingga 4 juli.(*/db)

Loading