Presiden Tinjau Persemaian Mentawir

SEPAKU, Swarakaltim.com – Peninjauan Persemaian Mentawir di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, menjadi kegiatan pertama Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Katim.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor dan Ketua DPR RI Puan Maharani. Selain itu terlihat sejumlah menteri diantaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadia.

Presiden melakukan peninjauan berbagai benih tanaman yang nantinya akan ditanam di areal IKN Nusantara. Di areal utama persemaian dengan luas 32,5 hektar yang berdiri di lahan seluas 120 hektar itu, berbagai jenis bibit pohon asli Kaltim seperti meranti, kapur, gaharu, ulin dan Nyatoh.

Di pusat persemaian yang merupakan kerja sama patungan antara Kementerian LHK, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta pihak swasta ini ditargetkan dapat memproduksi 15 hingga 20 juta bibit per tahun. Nantinya, jutaan bibit yang dihasilkan dari Persemaian Mentawir akan dibawa ke IKN untuk ditanam di lahan-lahan kritis.

Gubernur Isran Noor dalam berbagai kesempatan mengatakan, keberadaan IKN Nusantara tidak akan mengganggu ekosistem dan lingkungan yang sudah eksis. Tetapi akan memperbaiki lingkungan sesuai konsep IKN sebagai forest city.

“IKN ini memiliki konsep smart city, green city dan forest city. Yang tentu saja akan memelihara kelestarian lingkungan di wilayah IKN itu,” tegas Isran. (gie/her/adpimprovkaltim/adv/aya/sk)

Loading