Meriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, SD Negeri 006 Sungai Pinang Gelar Pawai.

Loading

Kepsek SD Negeri 006 Sebut Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang Ke-77, Sekolah Dasar (SD) Negeri 006 Jalan Merdeka Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang, saat ini telah melaksanakan kegiatan pawai pakaian adat dan profesi, Kamis (18/8/2022) tadi pagi.

Ratusan murid SD Negeri 006 Sungai Pinang dan penuh semangat serta riuh ramai sorak-sorai murid mewarnai kegiatan pawai dan semua murid mendapatkan doorprize yang telah disiapkan oleh pihak sekolah ini.

Untuk kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Dewan Guru dan Pegawai Sekolah dengan dana swadaya para Guru di SD Negeri 006 Sungai Pinang.

Saat ditemui awak media, Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 006 Sungai Pinang Rita Maya mengatakan bahwa kegiatan ini pertama kali di selenggarakan dan terima kasih atas partisipasi orang tua murid yang telah hadir untuk meramaikan kegiatan pawai ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut dan memeriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, sekaligus upaya sekolah menanamkan nasionalisme sejak dini kepada murid,” lanjutnya.

Kegiatan ini sebagai wadah untuk memupuk jiwa sportivitas dan semangat kebangsaan antar generasi dalam perlombaan dan untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global. Juga meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara siswa-siswa.

“Harapannya kita dapat mengedepankan kebersamaan antar generasi, serta kegiatan anak yang bersifat mengembangkan daya kreatifitas dengan semangat nasionalisme serta saling mengenal budaya masing-masing,” ucapnya.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa menambah jalinan kuat tali silaturahmi antar orangtua murid, guru dan siswa-siswi di SD Negeri 006 ini,” lanjutnya.

Rita Maya menyebutkan bahwa dan ini berkat partisipasi sumbangan selain dari pendapatan Guru SD Negeri 006 Sungai Pinang, turut serta berperan untuk mensukseskan kegiatan ini, pihak sekolah mendapatkan bantuan dana dari, para peguyuban orang tua murid SD Negeri 006 Kecamatan Sungai Pinang, penerbit buku Mas Media, uang sewa dari kantin yang berada di sekolah ini serta keuntungan dari hasil kerja koperasi sekolah.

“Sehingga seluruh murid dari kelas 1 sampai kelas 6 mendapatkan doorprize berupa alat perlengkapan sekolah, tempat makanan dan minuman,” imbuhnya.

“Kami berharap kedepannya orang tua murid bisa membantu partisipasi untuk menyumbangkan agar tidak hanya doorprize namun juga hadiah,” tuturnya.

“Hal ini agar kita bisa menambahkan lomba untuk murid SD Negeri 006 ini, dalam memperingati HUT kemerdekaan RI kedepannya yang lebih meriah lagi,” jelasnya.

“Semoga dengan kegiatan ini pula, semangat nasionalisme tertanam di usia dini dan lebih semangat lagi dalam belajar guna menjadi generasi yang bisa membangun daerah serta bangsa Indonesia,” pungkasnya. (AI)