Bupati Mahulu Resmikan Listrik 24 Jam Untuk 8 Kampung di Kecamatan Long Hubung

Caption: Peresmian listrik 24 jam oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh dan GM PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania, di Datah Bilang Ilir, Senin (5/9/2022).

MAHAKAM ULU, Swarakatim.com – Masyarakat Kecamatan Long Hubung, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur (Kaltim), akhirnya dapat menikmati akses listrik PLN selama 24 jam penuh. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah dalam memperluas akses listrik di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Adapun mesin PLTD dari penggerak jaringan listrik PLN yang beroperasi di delapan kampung wilayah Kecamatan Long Hubung itu berlokasi di Datah Bilang Ilir. Dimana sebelumnya layanan listrik PLN ini hanya bisa dinikmati masyarakat pada malam hari.

“Sekarang layanan listrik PLN sudah beroperasi 24 jam. Sehingga masyarakat dapat mempergunakan layanan listrik dengan membuka usaha ekonomi kecil apa saja yang dapat meningkatkan sumber penghasilan rumahan,” ungkap Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, dalam peresmian layanan listrik 24 jam diwilayah ini, Senin (5/9/2022).

Bupati dua periode diwilayah ini yang akrab disapa Boni itu mengatakan, kehadiran listrik di wilayah perbatasan akan mendorong produktivitas masyarakat. Sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Delapan kampung yang dialiri listrik 24 jam dari PLN ini, antara lain Kampung Long Hubung, Long Hubung Ulu, Data Bilang Baru, Data Bilang Ulu, Data Bilang Ilir, Lutan, Sirau dan Memahak Teboq. Peresmian juga dihadiri Sekda Mahulu Stephanus Madang, GM PLN UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania, Anggota DPRD Mahulu dan Kepala OPD di lingkup Pemkab Mahulu.

“Layanan listrik 24 jam sudah lama diharapkan masyarakat. Saat ini masih banyak perkampungan di Mahulu yang belum dialiri jaringan listrik PLN. Untuk itu Pemda Mahulu akan terus berkoordinasi dan sinergi bersama PLN untuk mengusul jaringan listrik ke pemerintah pusat,” tukasnya.

Hadirnya listrik selama 24 jam di pedesaan akan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. “Semoga kesejahteraan masyarakat juga terus meningkat. Terimakasih atas komitmen PLN menghadirkan listrik di daerah 3T, semoga kedepannya segera ditularkan ke daerah-daerah  yang belum dialiri jaringan listrik PLN. Meski tidak sekaligus, secara bertahap kita penuhi. Seperti di antaranya yang hari ini kita resmikan,” pungkansya.

Penulis : Alfian

Editor  : Redaksi

Publisher : Rina

Loading