Bertahap Pemkab Kubar dan PLN Beri Pelayanan Listrik 24 Jam di Siluq Ngurai

Loading

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat ( Kubar) bersama PT PLN (Persero) telah memenuhi kebutuhan listrik masyarakat kampung di Kecamatan Siluq Ngurai, dari yang awalnya hanya 12 jam menjadi 24 jam.

“Diharapkan dengan layanan listrik 24 jam ini, bisa menjadi penggerak roda perekonomian dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya di Kecamatan Siluq Ngurai,” ungkap Wabup H Edyanto Arkan dalam peresmian tersebut.

Menurut dia Kecamatan Siluq Ngurai sudah teraliri listrik 24 jam, tetapi belum seluruh kampung. Ada sekitar 60 lebih kampung belum teraliri listrik, hal ini menjadi tugas bersama dalam menyelesaikannya secara bertahap.

“Kita ingin minta segera kepada PLN sampai 2024 nanti, mudahan-mudahan seluruh kampung di wilayah Kubar teraliri listrik dari PLN. Walaupun tidak melalui jaringan, tetapi mungkin ada instalasi-intalasi listrik komunal yang di pelihara oleh PLN,” harapnya.

Begitu juga, pembangunan tapak tower PLN untuk jaringan listrik yang menghubungkan dari Kecamatan Melak dan Mook Manaar Bulatn (MMB) selesai, akan ada sekitar tujuh kampung yang akan teraliri listrik di wilayah kecamatan MMB.

Sementara Camat Siluq Ngurai Bartolomius Djukuw mengakui, di awal Januari 2022 telah ada penambahan jam operasional menyala untuk listrik PLN dari 12 jam menjadi 24 jam untuk kecamatan Siluq Ngurai.

Pelayanan listrik yang sudah menyala 24 jam ini, sangat membantu sekali seluruh segi kehidupan warga masyarakat di Siluq Ngurai. “Hal ini adalah bukti kerja keras dan perjuangan semua pihak sehingga kondisi ini boleh berjalan dengan baik,”ujarnya.

Ada beberapa hal kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah Siluq Ngurai, seperti pelayanan air bersih dari PDAM Tirta Sendawar sudah dirasakan oleh warga masyarakat Siluq Ngurai sejak tahun 2021 hingga sampai saat ini.

Diinformasikan juga pada tahun 2022 ini, beberapa kampung di kecamatan Siluq Ngurai banyak mendapatkan bantuan berupa tower komunikasi. Yaitu, di Kampung Tebisaq, Kendesiq, Muara Ponak, Rikong, Tendiq, Penawang, Kenyanyan, Kiaq, Lendian Liang Nayuq. “Ini adalah bukti kepedulian pemerintah terhadap fasilitas yang dibutuhkan masyarakat saat ini,”terangnya.

Selanjutnya, sampai saat ini pun infrastruktur dasar masyarakat terus terbangun, termasuk penyelesaian Jembatan Sungai Blusuh, di Kampung Muhur dan pembangunan Kantor Balai Penyuluh Pertanian yang akan rampung pada tahun 2022.

Dia juga mengajak semua masyarakat dan pemuda untuk berperan aktif menjaga dan mendukung penuh dalam pembangunan yang ada di kabupaten Kubar terkhusus di wilayah kecamatan Siluq Ngurai ini. Karena Puji Tuhan pada periode ini, pembangunan khususnya di wilayah tercinta ini, mendapatkan porsi pembangunan yang cukup banyak. (Adv/iyn)

Penulis : Alfian
Editor : Redaksi
Publisher : Rina