Kutim Raih 5 Panji Keberhasilan Pembangunan, Agus Aras Apresiasi dan Beri Catatan Penting

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) memborong 5 Panji Keberhasilan Pembangunan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dalam Upacara HUT Kaltim ke 66 Senin (9/1/2023) kemaren mendapat apresiasi dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltimantan Timur (Kaltim) Agus Aras.

Secara pribadi dan kelembagaan dirinya memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian dari Pemkab Kutim terkait keberhasilan pembangunan yang telah dicalai. Ia menilai bahwa ada satu kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya.

Tentu, selaku wakil rakyat Agus Aras mengharapkan kedepannya harus lebih meningkat, tidak hanya di lima bidang itu saja tetapi bisa lebih.

“Tentu sebagai wakil rakyat, saya sangat mengapresiasi keberhasilan tersebut. Juga sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat yang juga ikut bekerjasama dalam pembangunan di Kutim,” ucap Agus yang juga Anggota DPRD Kaltim asal Daerah Pemilihan (Dapil) Bontang, Kutim, Berau ini.

Diluar pencapaian pembangunan itu, Agus Aras memberikan catatan penting terkait beberapa sektor pembangunan yang harus lebih diperhatikan dan dimaksimalkan oleh Pemkab Kutim. Salah satunya adalah sektor perkebunan dan tak kalah penting adalah peningkatan maksimal di sektor pendidikan.

Poltisi Partai Demokrat itu menilai jika sektor perkebunan akan menjadi salah satu sektor primer dalam mendukung Sumber Daya Manusia yang berdampak terhadap perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Kutim itu sendiri.

“Saat ini dari 10 Kabupaten/Kota di Kaltim, Kutim merupakan salah satu daerah yang memiliki luas wilayah perkebunan yang sangat besar terutama di sektor Kelapa Sawit, yang mungkin kedapannya pengusaha-pengusaha akan berinvestasi di sana dan menjadikan sektor tenaga kerja semakin terbuka di wilayah Kutim sendiri,” ucapnya.

Terkait kinerja pemerintahan, anggota Komisi III DPRD Kaltim itu menilai jika pemerintah Pemkab Kutim harus menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat Kutim khususnya dalam hal pembangunan dapat direalisasikan.

Pencapaian kinerja juga menjadi pesan khusus yang diberikan oleh Agus Aras kepada Pemkab Kutim. Secara tegas ia menyebut jika pencapaian kinerja dari Pemkab bukan hanya mengejar panji keberhasilan pembangunan saja tapi juga harus maksimal dalam hal pelayanan terhadap masyarakat.

“Satu hal yang menjadi catatan Pemkab Kutim pada hari ini adalah harus fokus dan konsentrasi dalam penyelesaian pelabuhan Sangatta yang merupakan harapan dan impian seluruh masyarakat Kutim sendiri yang sudah dinanti sejak lama,” ucapnya.

“Selaku wakil rakyat dari dapil Kutim sangat mengharapkan sekali pelabuhan tersebut terealisasi dan difungsikan, sehingga arus perekonomian dari luar Kutim bisa berjalan,” pungkasnya.(dho)

Loading