Anggota DPRD Kaltim Ananda Emira Moeis Gelar Sosbang, Guna Tingkatkan Nasionalisme Serta Kualitas Hidup Bangsa.

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wawasan Kebangsaan (Wasbang) adalah cara pandang Bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi jatidiri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari 4 pilar Kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Komitmen kebangsaan senantiasa dibina dan dipelihara sehingga tetap terpelihara persatuan dan kesatuan, kebersamaan, saling menghargai, guna tercapainya keserasian, keseimbangan dan keselarasan dalam segala aspek kehidupan.

Untuk itu, selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Ananda Emira Moeis turut berpartisipasi dalam meningkatkan pemahaman Wasbang kepada warga Samarinda khususnya.

“Perlu dimaknai nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar tersebut, demi memantakan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan,” lanjutnya, dalam acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di hadapan warga Jl M Said Gang 9, 10, 11, 12, Sabtu (21/1/2023) malam.

“Terdapat beberapa contoh yaitu toleransi kita menjalankan sikap saling menghargai, menghormati agama dan kepercayaan yang berbeda, melaksanakan musyawarah untuk membuat keputusan, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi ataupun golongan, menghargai pendapat orang lain dan tak memaksakan kehendak diri,” ucap yang juga menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kaltim ini.

“Adapun nilai dasar Wasbang yakni cinta akan tanah air dan bangsa, demokrasi atau kedaulatan rakyat, kesetiakawanan sosial, masyarakat adil dan makmur,” katanya.

Ananda Emira Moeis menyampaikan bahwa secara umum, tujuan pendidikan Wasbang ini sebagaimana termaktub dalam Permendagri No. 71 tahun 2012.

“Yakni mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan, guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berlandaskan pada nilai Pancasila, UUD Negara Republik,” imbuhnya.

“Dengan adanya kegiatan Sosbang ini, sebagai bentuk dan upaya meningkatkan rasa nasionalisme di seluruh lapisan masyarakat,” ungkapnya.

“Dan diharapkan Wasabang ini, dapat membuat komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan meningkatkan kualitas hidup bangsa,” ucapnya.

“Serta, setidaknya dapat memperkokoh nilai cinta tanah air bagi seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.

Ananda Emira Moeis, mengatakan bahwa gelaran Sosbang merupakan kegiatan rutin, yang dilakukan seluruh anggota DPRD Kaltim dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Dalam pelaksanaan ini, setiap Anggota DPRD Kaltim diberi kesempatan untuk turun ke sejumlah kabupaten dan kota yang tersebar di Kaltim,” pungkasnya. (Adv/AI)