Intalasi Kedokteran Nuklir AWS Terima Pasien Hingga Pulau Jawa dan Sumatera

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Keberhasilan Pemprov Kaltim selama kepemimpinan Gubernur dan Wagub Isran-Hadi tampak terlihat bukan hanya dari pengembangan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Infrastruktur saja, bahkan Ibu Kota Nusantara (IKN) pun menjadi salah satu keberhasilan Isran-Hadi meyakinkan Pemerintah Pusat bahwa Provinsi Benua Etam Kaltim pantas ditetapkan sebagai IKN.

Namun demikian, bukan hanya itu saja yang wajib diketahui masyarakat Kaltim khususnya Samarinda. Bahwa, Provinsi Kaltim juga memiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang sudah statusnya paripurna, yaitu RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda, Kaltim.

Hebatnya lagi, pelayanan yang dimiliki RSUD AWS sudah menggunakan teknologi nuklir. Makanya, hingga sekarang sejak 2017 ada pelayanan Intalasi Kedokteran Nuklir di RSUD AWS. Bahkan, pasiennya pun sudah merambah ke Pulau Jawa dan Sumatera.

“Alhamdulillah selama kepemimpinan Isran-Hadi pelayanan Intalasi Kedokteran Nuklir yang kita punya selalu menjadi rujukan seluruh pasien di Indonesia. Contohnya, pasien berasal dari Kaltim, Kalsel, Kalteng, Sulsel, Sulut/Manado, Sultra/Kendari, Sulteng/Palu, Ambon,” ungkap Direktur RSUD AWS dr David Hariyadi Mashjoer, Jumat 10 Februari 2023.

“Bahkan, ada juga kadang-kadang dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, misalnya dari Surabaya,” sambungnya. 

Selain itu, lanjut David sapaan akrabnya, Instalasi Kedokteran Nuklir juga memberikan  kemudahan kepada siapa saja rakyat Indonesia khususnya Kaltim dengan melayani pasien BPJS. 

Untuk pelayanan, selama jam kerja, mulai pukul 08.00-16.00 wita.  Sementara untuk terapi, pasien yang dilayani rata-rata kurang lebih enam sampai delapan orang. 

“Sementara, untuk diagnostik, baik untuk pemeriksaan onkologi dan non onkologi bisa 15 pasien per hari. Bahkan, Intalasi Kedokteran Nuklir kita juga menerima pelayanan penanganan kanker seperti kanker thyroid maupun bone scan,” jelasnya.

Semua itu, lanjut David, pelayanan yang diberikan tidak pandang pilih. Sesuai visi dan misi Gubernur dan Wagub Kaltim Isran-Hadi Berani untuk Kaltim Berdaulat dengan misi Berdaulat dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bersih, professional dan berorientasi pelayanan publik.(aya/sk)