DPRD Tekankan SPBN Harus Segera Dibangun Di Kecamatan Tabalar

Loading

Foto Anggota Komisi II DPRD Berau Nurung

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau, Nurung menekankan hak masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Tabalar dengan profesi dominan sebagai nelayan diharapkan dapat dipenuhi secara maksimal, khususnya kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) nya.

“Itu sebabnya Kami tekankan sebagai jawabannya, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) harus segera dibangun di Kecamatan Tabalar. Mengingat sebagian besar warga masyarakat di Kecamatan itu memiliki pekerjaan sebagai nelayan, namun hingga saat ini mereka masih kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan BBM,” kata Dewan asal Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut. .

Persoalan ini tambahnya, menjadi bagian penting yang disorot oleh DPRD khususnya komisi II. Karena itu sangat dibutuhkan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak yakni, pihak eksekutif dan legeslatif meremukkannya agar kebutuhan BBM nelayan Tabalar tersolusikan melalui SPBN.

“Kedua belah pihak ini sangat diperlukan untuk mencari jalan keluar dalam mengatasi keluhan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk melaut. Serta solusi dapat direalisasikannya, sehingga hak-hak masyarakat sesuai dengan kebutuhannya terjawab,” imbuh Nurung saat menghadiri kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan di Kecamatan Tabalar, beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya juga, untuk masyarakat nelayan dapat terpenuhi secara maksimal terkait kebutuhan BBM nya untuk melaut, fasilitas penunjang yang maksimal menurut Dewan SPBN. “Jika tidak ada fasilitas pendukung yang memadai, maka penyaluran bantuan yang diberikan juga tidak berjalan maksimal. Makanya di beberapa kecamatan lain yang masyarakatnya mayoritas melaut ada beberapa di solusikan dengan SPBN bukan,” tutur Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan Kecamatan pesisir itu.

Kalau SPBN bisa segera dibangun, hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang mencari nafkah sebagai nelayan, karena merupakan salah satu kebutuhan utama untuk melaut dan juga sebagai peraih potensi pendapatan yang maksimal. “Persoalan BBM untuk nelayan di Kecamatan Tabalar harus dituntaskan, dan ini yang perlu diperhatikan. Saya berharap, di Kecamatan Tabalar ini ada dibangun SPBN sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat disini khususnya nelayan,” papar Nurung. (Adv/Nht/Asti)