Tangani Jalan Simpang Kota Bangun-Muara Gusik, Wagub Hadi : Pemprov Juga Ada Bantu

PRIAN, Swarakaltim.com – Di sela-sela kunjungan kerja (Kunker) Wagub Kaltim ke Wilayah Tengah, tepatnya Kutai Barat, Selasa 7 Maret 2023. 

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi prihatin atas kondisi jalan mulai dari Simpang Kota Bangun Kukar hingga Muara Gusik Kubar yang merupakan status jalan nasional.

“Cukup parah jalan ini. Pemprov memang ada membantu semampunya. Namun, kita berharap ada kerja sama dilakukan pihak pengusaha Batu Bara maupun Kelapa Sawit agar menurunkan tonase muatan, sehingga jalan ini tidak rusak parah,” pesan Hadi Mulyadi di sela-sela peninjauan Poros Jalan Desa Prian Kukar.

Bagi Hadi, silahkan saja kendaraan perusahaan melintasi jalan tersebut, tapi Pemprov Kaltim minta sama-sama menjaga. Karena, jika kondisi jalan ini diperbaiki sekarang dan bagus, tetapi beberapa bulan selanjutnya rusak lagi. Sebab, tonase kendaraan yang melintas khususnya pertambangan dan kelapa sawit.

Artinya, kendaraan yang melintasi ini sesuai dengan tipe jalan tersebut. Untuk itu, diperlukan juga pengawasan bersama. Sehingga dirawat bersama.

“Kasihan masyarakat. Makanya, kita minta Ada kerja sama perusahaan untuk merawat Jalan ini. Karena kurang lebih 87 kilometer cukup parah rusaknya,” pinta Hadi.

Untuk itu, saat ini jalan poros dari Simpang Kota Bangun-Muara Gusik oleh Kementerian PUPR RI khususnya BBPJN I Kalimantan sedang melaksanakan pekerjaan tersebut, kini dalam proses penetapan lelang kontraktor yang akan mengerjakan. Adapun yang dibantu oleh Pemprov untuk mendukung jalan tersebut, misal pengerasan.

Kunjungan diikuti sejumlah pejabat OPD Lingkup Pemprov Kaltim yang dikoordinir Kepala Biro Adbang Setprov Kaltim H Irhamsyah, Anggota DPD RI H Nanang Sulaiman, TGUP3 Gubernur Kaltim. (aya)

Loading