Budiono : Waspada Akan Tindak Kejahatan, Saat Warga Mudik dan Meninggalkan Rumah

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Budiono  mengimbau, agar  warga Kota Balikpapan selalu waspada terhadap tindakan kejahatan dan aksi kriminal menjelang pelaksanaan Hari Raya IdulFitri 1444 H. Mengingat, libur lebaran ini banyak warga yang mudik dan meninggalkan rumahnya dalam keadaan kosong, sehingga rawan akan tidak kejahatan.

Wakil Ketua DPRD kota Balikpapan Budiono mengatakan, warga harus tetap waspada mengingat adanya potensi tindak criminal yang berpeluang mengalami peningkatan jelang pelaksanaan hari raya Lebaran.

“Sebelum meninggalkan rumah bagi yang mudik ke kampung halaman, kami imbau agar masyarakat untuk memastikan rumah dalam kondisi aman,” ujarnya, Rabu (19/4/2023).

Budiono mengatakan, warga harus mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran dengan memeriksa kompor dan peralatan listrik di rumahnya masing-masing sebelum mudik. Selain itu, juga mengunci semua pintu dan jendela jika akan mudik lebaran.

“Kami selalu mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada,” tegasnya.

Wali Ketua DPRD Balikpapan ini juga meminta warga, khususnya yang akan berbelanja ke tempat – tempat keramaian seperti pasar, mall dan swalayan agar juga selalu waspada terhadap tindak kejahatan dan untuk tidak berlebihan menggunakan perhiasan.

Pasalnya, aksi tindak kriminal tak menutup kemungkinan menjelang pelaksanaan IdulFitri ada saja oknum – oknum yang memanfaatkan hal ini untuk berbuat tindak kriminal baik itu dari kejahatan pencurian copet dan sebagainya.

“Kemudian Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) juga perlu ditingkatkan di wilayah masing -masing,” ucapnya.

Selain itu, untuk kewaspadaan ini menurutnya tidak cukup hanya di Siskamling saja karena tindak kriminal ini atau tindakan kejahatan ini bisa juga terjadi di tempat keramaian seperti copet, dan sejenisnya atau begal ditempat- tempat sepi karena belum terfasilitasi penerang jalan yang cukup.(*/Pr)

Loading