Dukung JESN, Slamet Iman Dorong Edukasi Esport Balikpapan

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Anggota DPRD Balikpapan Slamet Iman Santoso mendukung pembentukan Jurnalis E-Sport Nusantara (JESN), sebagai wadah edukasi bagi generasi muda di jalur E-Sport.

Imam mengpresiasi kumpulan jurnalis Balikpapan yang sudah membentuk klub gamers tersebut.

Ia menyebut, langkah membentuk klub gamers itu sudah tepat dan dinilai positif bagi perkembangan generasi saat ini. Kini, peran jurnalis bukan hanya menyediakan pemberitaan, tapi juga berbuat lebih jauh, sebagai kontrol sosial.

“Kita harus mengedukasi perkembangan teknologi, satu sisi kita juga harus mengimbangi pemahaman kepada anak-anak kita selain bagian dari hobi dengan diimbangi batasannya,” ujarnya, Minggu (6/8/2023).

Menurutnya, dengan perkembangan zaman yang semakin pesat tentu harus berani mengambil terobosan untuk menangkal dampak negatif yang ditimbulkan dari teknologi.

“Intinya kehadiran daripada teman-teman jurnalis dalam membentuk klub E-Sport ini sangat bagus sekali sebagai pencerahan mana yang positif dan negatif,” tukasnya.

Karena itu, kata dia, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kebersamaan sinergi dan kolaborasi semua pihak agar upaya JESN dapat berjalan dengan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Ia menyebut, banyak sektor yang saling terhubung. Seperti ketahanan keluarga, menangkal radikalisme dan membantu pemerintah mewujudkan predikat Kota Layak Anak (KLA).

“Jadi semua itu bisa berjalan jika ada sinergi yang baik, nantinya bakal ada edukasi, kegiatan program yang bisa disampaikan ke masyarakat melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” katanya.

Dirinya pun memberikan masukan kepada JESN untuk melakukan kegiatan pertama dengan silahturahmi dan berkordinasi dengan instansi terkait.

“Pertama itu melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, kelompok masyarakat, dan tempat berkumpulnya anak-anak muda,” pungkasnya.(*/pr)