Selama 2 Hari, Siswa SDIT Imam Syafi’i Kunjungi Perpustakaan Kaltim

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Keceriaan menyelimuti siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Imam Syafi’i Samarinda. Pasalnya langkah kaki para siswa untuk belajar diiringi juga dengan mengeksplor pengetahuan baru dengan berkunjung ke Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, selama dua hari, 8-9 Agustus 2023.

Rombongan yang terdiri atas siswa kelas 1 hingga 6 tersebut berjumlah 72 peserta dengan didampingi 8 guru.

Terbagi menjadi dua hari kunjungan, para siswa nampak antusias kala petugas dan pustakawan DPK Kaltim mengajak mereka berkeliling sembari menjelaskan layanan dan sarana prasarana yang tersedia di perpustakaan provinsi Kalimantan Timur yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda, Samarinda tersebut.

Mulai dari proses registrasi pembuatan kartu anggota hingga tata cara meminjam dan mengembalikan buku, para siswa dengan serius serta ceria menyimak arahan dari petugas DPK Kaltim. Sesi kunjungan pun diakhiri dengan siswa membaca buku secara mandiri dan inisiatif.

Kurikulum merdeka belajar turut melatar belakangi sesi kunjungan sekolah yang bertempat di Jalan Gerilya, Samarinda tersebut.

Kepala SDIT Imam Syafi’I, Syafi’i Irfan Jaya mengungkapkan pembelajaran literasi dan numerisasi merupakan upaya peningkatan literasi siswa.

“Sejak dulu sudah ada agenda rutin berkunjung ke perpustakaan provinsi. Anak-anak pun selalu antusias karena belajar tidak harus selalu berada di ruang kelas. Koleksi buku yang cukup Beragam pun juga membuat siswa semakin bersemangat. Kedepannya program kerjasama dengan DPK Kaltim akan terus dilanjutkan,” papar Imam.

Sebelumnya, DPK Kaltim selalu membuka kunjungan kepada masyarakat dari berbagai jenis latar belakang baik secara individu maupun komunitas hingga lembaga.

Kunjungan menjadi gerbang awal dalam upaya peningkatan dan perluasan pemahaman literasi bagi masyarakat Bumi Etam, Kalimantan Timur.(adv-dpk kaltim/hms/dho)

Loading