Hari Pramuka, Walikota Balikpapan Mengajak Pengurus Pramuka Untuk Berkolaborasi dan Memajukan Kota Balikpapan

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud selaku Majelis Pembimbing Kwarcab Pramuka Balikpapan dihadiri sejumlah Pembina dan pengurus pramuka yang ada di kota Balikpapan, hadir dalam renungan dan ulang janji serta Penyematan tanda penghargaan orang dewasa. Kegiagtan ini dalam rangka peringatan Hari Pramuka yang dilaksanakan setiap 14 Agustus.

Dalam sambutanya, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Tentunya, kegiatan ini selaras dengan apa yang menjadi dharma satya terhadap pramuka agar bisa bermanfaat bagi bangsa.

“Artinya selain bisa bersilaturahmi dengan rekan-rekan yang ada di kwarcab Pramuka Balikpapan, tapi juga bisa berkolaborasi dan sinergi untuk Kota ini,” kata Rahmad Mas’ud kepada media, Senin (14/8/2023).

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka yang juga Sekda Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, selain melakukan kegiatan renungan juga dilaksanakan kegiatan pemberian tanda penghargaan orang dewasa yang diberikan bagi anggota pramuka yang mengabdi mulai dari pengurus, pembina sampai dengan seluruh anggota pramuka.

“Penghargaan diberikan setiap 4 tahun dimulai dari pancawarsa satu hingga pancawarsa sembilan tidak boleh putus, sementara penghargaan tinggi itu namanya melati,” akunya.

Muhaimin menambahkan, total ada 97 anggota pramuka yang mendapat penghargaan dan 62 yang dilantik menjadi pramuka garuda.

“Sebelum memberikan penghargaan kami punya tim verifikasi untuk diusulkan kepada wardha, dan ada juga yang namanya penghargaab dharma bakti yang keluarin kwarnas,” akunya.

Dirinya juga berpesan, pada peringatan hari pramuka ini agar dijadikan refleksi perjalanan pramuka selama setahun, yang mana setiap tahun mengadakan ulang janji.

“Termasuk menggairahkan semangat kita yang terlibat dalam kepramukaan agar pramuka betul-betul menjadi lokomotif untuk cinta kepada bangsa dan tanah air,” harapnya.

Sedangkan Warso Kepala SD Patra Dharma 3 Kota Balikpapan yang salah satu mendapatkan penghargaan malam itu mengaku, menerima penghargaan pancawarsa dua setelah 10 tahun mengabdi di Majelis Bimbingan Gugus (Mabigus).

“Mudah-mudahan kegiatan ini berlanjut bukan hanya untuk pembina Majelis bimbingan gugus tapi juga guru-guru pembina bisa dapat penghargaan ini,” tegasnya.

Warso juga mengatakan, jika ada 656 siswa di SD Patra Dharma 3 yang wajib mengikuti kegiatan pramuka dan bukan lagi hanya sebatas kegiatan ekstrakurikuler.(*/pr)

Loading