DPK Kaltim Bangkitkan Semangat Mendongeng Melalui Sharing Session Bersama Kak Heru

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kembali membangkitkan semangat mendongeng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama dengan Kampung Dongeng dan GPMB Provinsi Kalimantan Timur gelar Sharing Session pada Selasa (5/9). Diskusi yang mengusung tema “Mendongeng itu Baik, Unik, dan Klasik” tersebut berlangsung di Lantai 2 Ruang Balai Pustaka, DPK Kaltim.

Mengundang langsung pendongeng untuk berbagi dan melakukan praktek mendongeng secara langsung yakni, Puguh Heru Mawan. Diskusi yang dihadiri 41 peserta dengan latar belakang, pustakawan DPK Kaltim, guru, siswa, hingga orang tua tersebut. Membahas tuntas pentingnya mendongeng serta menumbuhkan percikan semangat dongeng pada suatu keluarga.

“Budaya mendongeng merupakan salah satu upaya proses budaya baca Masyarakat. Melalui mendongeng diharapkan tumbuh sikap kritis, peduli sesama dan cinta Tanah Air. Karena di dalam dongeng akan membentuk karakter anak melalui pesan-pesan mendongeng,” ucap Kepala P3KM DPK Kaltim, Taufik, S.Sos, M.Si.

Taufik melanjutkan salah satu program strategis DPK Kaltim adalah menumbuh kembangkan kegiatan mendongeng yang mulai langka.

“Tradisi mendongeng mulai langka di keluarga. Mendongeng juga akan menjadi program prioritas DPK Kaltim. Kedepannya program sharing ini akan menjadi program rutin,” lanjut Taufik.

DPK Kaltim berusaha menjaring dan melahirkan pendongeng mulai dari muda hingga tua sebanyak-banyaknya, melalui Lomba Bertutur dan Sesi Diskusi Mendongeng diharapkan Taufik akan menjadi upaya dalam pelestarian aktivitas mendongeng.

Puguh Heru Mawan senada dengan Taufik, mendongeng mulai ditinggalkan namun ia mengapresiasi DPK Kaltim tetap terus menyalakan api mendongeng agar tidak tertinggal.

“Saya berbagi bagaimana cerita yang baik kepada peserta. Dari mengolah vokal, teknik bercerita. Banyak yang mau mulai dongeng karena tidak percaya diri dengan suara dan pembawaannya padahal bisa saja dilatih dan semua perlu waktu untuk belajar yang penting mendongeng ini tidak ditinggalkan,” ungkap Heru sapaan akrabnya.

Diskusi mendongeng menjadi salah satu upaya DPK Kaltim dalam meningkatkan semangat literasi dan gerakan ke Perpustakaan kepada Masyarakat Bumi Etam.(aya/sk/dpkkaltim/adv)

Loading

Bagikan: