Transformasi Perpustakaan, Siapkan Sarana Diskusi di Perpustakaan Berau

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Bukan hanya menyasar masyarakat dalam membaca buku saja. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau menggelar kegiatan diskusi terbatas dengan kalangan masyarakat, Minggu (8/10/2023) lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM) Dispusip Berau, Nursehah mengatakan ini merupakan bentuk transformasi perpustakaan Sanggam Barintak, pihaknya menjalankan peran perpustakaan sebagai markerspace (wadah) untuk diskusi di kalangan masyarakat.

“Kami selalu fasilitasi kegiatan-kegiatan masyarakat salah satunya forum diskusi,” ujarnya kepada wartawan baru-baru ini.

Salah satu kegiatan yang baru digelar pada Minggu (8/10/2023) lalu. Di mana, ada kegiatan diskusi terbatas kalangan masyarakat, termasuk kalangan muslimah. Transformasi ini juga turut mendukung Gerakan Inklusi Sosial.

“Jadi banyak kegiatan yang digelar dan kami di Dinas Perpustakaan menyediakan atau memfasilitasi tempat pelaksanaan itu,” kata dia.

Diskusi yang digelar beberapa hari lalu, yakni diskusi ekonomi Islam para tokoh muslimah yang bertujuan untuk memperkuat peran perempuan. Panelis atau pemateri diskusi yaitu Hj. Mariani dan dihadiri belasan masyarakat.

“Kegiatan tersebut kami pusatkan di ruang multimedia perpustakaan, karena memang ada beberapa kegiatan juga kami gelar di ruangan tersebut,” paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini, menurutnya Perpustakaan Berau tak hanya memfasilitasi pelajar atau masyarakat untuk membaca buku.

“Karena memang, Perpustakaan saat ini bukan hanya untuk membaca buku saja. Kami juga memiliki program dan terobosan agar Perpustakaan di Berau tidak hanya dipergunakan untuk membaca buku saja,” tandasnya. (adv-dpk kaltim/bp/dho)

Loading