Gandeng KIM, Diskominfostaper Paser Laksanakan Sosialisasi Carbon Fund

TANAH GROGOT, Swarakaltim.com – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser menggandeng Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF –CF), bertempat di gedung Awa Mangkuruku, Selasa (5/12/2023).

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Paser, Katsul Wijaya ditandai dengan penekanan tanda simbol dilayar didampingi Kepala Diskominfostaper Ina Rosana, disaksikan lebih kurang 200 peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Anggota KIM, Perangkat Desa serta Perangkat Daerah setempat dan vertikal.

Dalam kesempatan tersebut, Katsul mengingatkan pentingnya pelestarian lingkungan yang sudah menjadi komitmen sejak tahun 2010 mewujudkan Kaltim Hijau, sebagai tekad dalam membangun Kalimantan Timur tanpa mengabaikan kondisi dan kelestarian lingkungan hidup.

“Kaltim Hijau program yang sejalan dengan program nasional dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca yang dilakukan secara mandiri maupun melalui bantuan pihak lain seperti melibatkan KIM,” ucapnya saat membacakan sambutan Bupati Paser.

Dengan menggandeng KIM, lanjutnya, hal ini dirasa sudah tepat karena KIM dinilai penting berperan dan memiliki tanggung jawab dalam memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat pedesaan, mengenai pentingnya memelihara lingkungan dan menjaga kelestarian kawasan hutan.

“KIM ini kan perannya sebagai partner pemerintah untuk mengolah dan memberikan informasi ke masyarakat, sosialisasi menggandeng KIM ini sangat tepat, semakin meningkatkan pemahaman kita tentang upaya-upaya yang harus dilaksanakan salah satunya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam kegiatan pembangunan rendah karbon,” terang Sekda yang baru dilantik kembali ini.

Pada giat ini juga dirangkai dengan penandatangan komitmen bersama mendukung program FCPF – CF di lingkungan Pemerintah Kab Paser.

Pemberian penghargaan kepada pemenang lomba KIM kategori Desa tingkat Kabupaten Paser dan Pemenang Lomba Pengelolaan Website Kategoi Desa tingkat Kab Paser. Serta,  pemberian sosialisasi dari Diskominfo Kaltim dan Dinas Lingkungan Hidup Prov Kaltim. (adv-cht/pt/kominfo kaltim)