Disbun Salurkan Bantuan Pasca Panen Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

SANGATTA, Swarakaltim.com – Pengembangan sektor perkebunan menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Untuk meningkatkan produsi Kakao, Dinas Perkebunan Kaltim menyalurkan bantuan bantuan sarana pasca panen di Desa Rantau Sentosa, Kecamatan Busang Selasa, 12 Desember 2023 lalu.

Penyerahan bantuan sarana pasca panen  diserahkan langsung Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ahmad Muzakkir, sebagai langkah nyata untuk mendukung petani dan perekonomian daerah

Biji kakao merupakan salah satu komoditas pertanian yang berperan penting bagi perekonomian negara dan sumber pendapatan petani.

Muzakkir mengatakan Kakao di Kaltim merupakan unggulan ketiga setelah kelapa sawit dan karet.

Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, mutu kakao dari Kelompok Tani Sungai Anai dapat meningkat signifikan.

Selain itu, tidak hanya akan meningkatkan nilai tambah produk, tetapi juga berdampak positif pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para petani kakao di Desa Sungai.

“Kami berap agar keberhasilan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat desa,”ungkapnya.

Bantuan ini bersumber dari APBN satker 05 Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim tahun anggaran 2023.

Sebagai informasi Kadisbun Kaltim menyerahan bantuan kotak fermentasi sebanyak 10 unit dan solar dryer sebanyak 2 unit.

Kegiatan pun dirangkai dengan sosialisasi yang diikuti 24 peserta dari Kelompok tani Sungai Anai. (adv-rzk/ty/kominfo kaltim)

Loading