Pemkab Kubar Manjakan Tamu di Ruang Galeri Informasi Ada Layar Digital Signane

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Penguasaan teknologi informasi melalui era digital sudah menjadi keharusan dalam berkomunikasi dan menambah pengetahuan di zaman globalisasi. Terlebih bagi institusi kepemerintahan untuk melancarkan pekerjaan administrasi pelayanan publik kepada masyarakat.

Kini seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dengan mudah mendapatkan beragam informasi terkait dengan program dan kegiatan Pemkab Kubar. Sebab, kehadiran ruang galeri informasi dengan jaringan command center tersedia di Lobi Setdakab yang baru saja diresmikan Bupati Kubar FX Yapan, Selasa (3/12/2019).

Diruang galeri informasi merupakan bagian dari pemenuhan layanan publik baik dibidang informasi dan sebagai VIP Lounge berlaku bagi setiap tamu pengunjung. Diruangan tersebut para pengunjung dapat memanfaatkan sebagai ruang tamu untuk berdialog dan juga ruang baca.

Selain itu, ruang galeri tersebut menyediakan sebuah layar monitor Digital Signane yang berisikan beberapa content mengenai profil Kubar, peta ruangan kantor Setkab, layanan browsing, content media massa sosial seperti (website, facebook, IG, Youtube) dan juga layanan informasi wisata di Kubar.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Kubar, Hendrita Teofila mengatakan, bagi para tamu pengunjung akan dimanjakan dengan layanan studi  pustaka, WI-FI dan disuguhkan makanan ringan dan minuman selamat datang.

“Hal ini dilatarbelakangi guna optimalisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dibidang informasi terutama bagi publik eksternal maupun internal,” jelas Hendrita Teofila, pada peresmian ruang galeri itu, yang dihadiri Sekdakab Kubar Yacob Tullur, para Asisten dan pejabat teras Pemkab Kubar.

Sementara Bupati Kubar FX Yapan juga mejelaskan tentang layar monitor yang disebut Digital Signane itu. Kata Yapan, selain menyajikan informasi pembangunan yang dioperasionalkan setiap hari selama 24 jam, dengan konten yang update sesuai dengan yang ada di ruang galeri informasi Setdakab Kubar.

“Selain itu masyarakat dapat menyimak informasi yang akurat terkait hasil kinerja semua instansi kepemerintahan Pemkab Kubar. Misalnya butuh informasi terkait pembagunan insprastruktur bangunan dan jalan, bisa mengakses di laman informasi Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Pemkab Kubar,” terang Yapan.

Ditambahkan Sekdakab Yacob Tullur mengatakan, layar monitor Digital Signane itu sengaja diletakan diluar ruang galeri informasi atau Lobi Setdakab Kubar, dengan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat dan para tamu undangan dapat menggunakannya melalui kecanggihan layar sentuh.

“Sudah lama saya menginginkan ada layar monitor informasi seperti ini. Karena saya sering mengunjungi kantor pemerintahan di kabupaten/kota lainnya, baik di Provinsi maupun di pusat. Layar monitor ini memudahkan kita untuk mencari informasi di kepemerintahan yang kita kunjungi. Akhirnya Setdakab Kubar juga sudah ada layar monitor Digital Signane ini,” pungkasnya.

Pantauan Swarakaltim.com, sejak terpasangan nya Digital Signane di luar ruangan Galeri Informasi Setdakab Kubar siang tadi sekitar pukul 13.00 Wita. Cukup banyak orang mulai menggunakannya, baik dari kalangan ASN Pemkab Kubar, maupun para tamu yang berkunjung di Sekretariat Kantor Bupati Kubar.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Loading