Gelontarkan Rp 75 Miliar, PT KLJ Bangun Jembatan Damai

Yapan : Program Pembangunan Bakal Sukses, Jika Masyarakat Mendukung

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com –  Keinginan warga Damai Kota untuk memiliki jembatan penghubung akhirnya terwujud. Selama berpuluh tahun, warga disejumlah kampung wilayah itu hanya dibatasi Sungai Kedang Pahu yang semula jika melakukan aktivitas kerja maupun bertani, maka warga menyeberangi sungai dengan perahu ketinting.

Impian warga sekitar diwujudkan oleh salah satu perusahan perkebunan kelapa sawit milik PT Keruing Lestari Jaya (KLJ) yang beroperasi diwilayah itu dengan mengalokasikan anggaran biaya pembangunan jembatan sepanjang 195 meter itu, sebesar Rp 75 miliar yang ditargetkan bakal rampung pada tahun 2020 ini.

“Atas nama Pemkab Kubar dan masyarakat setempat, saya mengucapkan terimakasih kepada perusahaan PT KLJ yang sepenuhnya membiaya pembangunan jembatan yang membentangi Sungai Kedang Pahu ini,” ungkap Bupati Kubar FX Yapan saat menghadiri pemancangan tiang pertama jembatan, Senin (6/1/2020).

Kata Yapan, dengan dimulainya pembangunan jembatan itu maka semakin memperlancar hubungan sosial ekonomi warga setempat dan memperdekat jarak tempuh ke wilayah Kampung tetangga lainnya diwilayah Kecamatan Nyuatan dan Bentian Besar.

“Oleh sebab itu, saya sangat mengharapkan partisipasi masyarakat untuk mendukung pembangunan jembatan ini hingga selesai. Jangan sekali kali menghalangi pembangunan jembatan ini, karena ini merupakan aset kita bersama yang harus kita jaga,” tegas Yapan.

Senada dikatakan Joni Gunawan, selaku managemen PT KLJ mengatakan, adapun fungsi pembangunan jembatan yang merupakan salah satu infrastruktur penunjang operasional perusahaan. Maka sangat berfungsi untuk membantu mayarakat sekitar dalam melakukan aktivitas bertani/berkebun dan lainnya.

“Terimakasih kepada Pemkab Kubar terutama masyarakat Kecamatan Damai yang telah mendukung pelaksanaan pembangunan pertama dalam pemancangan tiang jembatan ini. Semoga bermanfaat untuk masyarakat. Kami selalu mendukung program pembangunan pemerintah dan DPRD atas kerjasama seluruh stakeholder setempat,” imbuh Gunawan.

Hadir dalam pelaksanan itu, Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan, Sekdakab Yacob Tullur, para anggota DPRD Kubar, Forkopimda setempat, serta Kepala OPD di lingkup Pemkab Kubar dan tokoh masyarakat adat setempat yang turut menyaksikan pemancangan tiang pertama jembatan tersebut. (*)

Penulis : Riki

Editor : Alfian

Bagikan:

Related posts