Kabupaten Mahulu Bakal Ada Polres Sendiri

Kabupaten Mahulu Bakal Ada Polres Sendiri

Loading

Saling tukar cindera mata: Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono saat menyerahkan cindera mata ke Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Rabu (22/7/2020) Dok: istimewa.

Kapolda Kaltim: Proses Pembangunan Polres Menunggu Keputusan Mabes Polri

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Wacana akan ada Resort (Polres) di Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan kabupaten termuda dari 10 kabupaten/kota di Benua Etam, Provinsi Kalimantan Timur ini. Tinggal menunggu keputusan dari Mabes Polri.

Pasalnya sejak Mahulu dimekarkan dari Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2012 lalu, masih dalam naungan wilayah Polres Kubar. Sedangakan batas wilayah ini dengan Kabupaten Malinau (Kaltara), berbatasan langsung dengan Negara tetangga Serawak Malaysia.

“Sesuai harapan pemerintah dan masyarakat agar ada kedudukan Polres di Kabupaten Mahulu, saat ini tinggal menunggu keputusan dari Mabes Polri,” ungkap Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, dalam kunjungan kerjanya di Bumi Urip Keriman, Rabu (22/7/2020).

Muktiono menyebut, hal yang sama diharapkan Bupati dan masyarakat setempat dengan dirinya, sehingga usulan tersebut telah lama disampaikan, agar secepatnya ada Polres di kabupaten termuda ini.

“Harapan saya juga sama dengan harapan warga. Ingin cepat ada Polres Mahulu sesuai dengan perkembangan penduduk. Ditambah situasi dalam pesta demokrasi, ini sangat diperlukan. Namun kita masih menunggu keputusan dari Mabes Polri,” imbunya.

Berkaitan dengan pengamanan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang. Sambung dia, tidak menutup kemungkinan bakal ada penambahan personel kepolisian. Mengingat dua wilayah ini (Kubar-Mahulu) hanya diakomudir oleh Polres Kubar. 

“Akan ada penambahan personel untuk membackup pengamanan Pilkada di Kubar dan Mahulu. Hanya jumlahnya berapa nanti kita lihat. Disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi ke depan,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)