Helmi Plt Ketua DPRD, Segera Bahas APBD Murni dan Perubahan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Akhirnya Wakil Ketua DPRD Samarinda dari Fraksi Gerindra Helmi Abdullah disepakati sebagai Plt Ketua DPRD Samarinda.

Hal ini seperti terungkap dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan II Tahun 2020 dengan agenda Pengumuman Plt Ketua DPRD Kota Samarinda, Rabu di Ruang Rapat Utama Lt. 2 Kantor DPRD Kota Samarinda jalan Basuki Rahmat, Rabu (12/08/2020).

Berdasarkan pada Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Samarinda dan kesepakatan dari seluruh anggota DPRD Kota Samarinda untuk memutuskan Plt Ketua DPRD Kota Samarinda dan menunjuk dari Fraksi Gerindra sebagai Plt Ketua.

Helmi menerangkan ditetapkan dirinya sebagai Plt Ketua ini berdasarkan Tatib Kedewanan dan kesepakatan bersama guna melanjutkan tugas ketua di DPRD Kota Samarinda.

“Sebenarnya masalah pelaksana tugas ini sudah diatur di undang-undang pemerintahan atau pun di tatib kita. Jadi kita menjalankan sesuai tatib saja,” tambahnya. 

Apabila ketua DPRD definitif meninggal dunia, sebutnya maka penggantinya adalah dari partai pemenang kedua, dan disepakati oleh pimpinan.

“Jadi kami bertiga ini rapat menyepakati kesepakatan yang ada, saya, pak Subandi dan Pak Rusdi,” ungkapnya.

Untuk penggantian Ketua definitifnya sebutnya menunggu usulan dari partai Pemenangnya yakni partai PDI-P. Artinya DPC-nya yang mengurus ke DPP siapa yang ditunjuk untuk menjadi ketua DPRD definitif dan prosesnya seperti ini lagi.

Dalam menjalankan Plt Ketua DPRD Kota Samarinda, Helmi akan segera melaksanakan pembahasan APBD Murni dan Perubahan, yang akan dilaksanakan pada bulan ini bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Langkah awal yang saya lakukan sebagai Plt Ketua yakni membahas APBD Perubahan, karena sudah waktunya, dan kita akan segera bertemu dengan TAPD eksekutif,” ucapnya. 

Saat ini, katanya Provinsi sudah melaksanakan, dan ia bersama tim mengagendakan dalam sehari dua hari ini akan dibahas.

“Dan tentunya semua aspirasi rakyat melalui seluruh anggota DPRD Kota Samarinda akan berusaha semaksimal mungkin dalam menyalurkan aspirasi tersebut,” pungkasnya. (*/AI)

Bagikan:

Related posts