Dari 14 Ranting Ada 1700 Kesatria PSHT Pusat Madiun di Kubar

“KONI Kubar: Prestasi Kesatria PSHT Untuk IPSI Kubar Diandalkan di Kejuaran Pencak Silat”

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Lahirnya sebuah organisasi pencak silat yang dikenal dengan nama Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT Pusat Madiun di Kabupaten Kutai Barat sejak 2010 silam, banyak menoreh prestasi di atlet Ikatan Pencak Silat Indonesi (IPSI) di wilayah ini.

Sejak berdirinya PSHT Kubar diwilayah ini, telah memiliki 1700 kesatria pencak silat yang meliputi 14 ranting di wilayah Kubar dan Kabupaten Mahakam Ulu. Kali ini kembali disahkan 195 warga baru menjadi anggota PSHT Kubar, Selasa (8/9/2020).

Pengesahan berlangsung pada malam hari di Gor Desnan Barong Tongkok, Ibu Kota Sendawar, sejak pukul 10.00 WITA, dihadiri Ketua KONI Kubar Stepanus SP, Ketua KNPI Canissius Arjan dan sejumlah pejabat teras Pemkab Kubar, seperti Kadispora, IPSI dan Habama.

“Untuk tahun ini, sebenarnya ada 200 lebih warga yang akan disahkan. Namun situasi pandemi Covid-19, sehingga PSHT ranting di Kabupaten Mahulu tidak bisa hadir. Jadi hanya 195 orang yang disahkan. Sehingga ada 30 warga baru di PSHT Mahulu akan disahkan pada tahun mendatang,” ungkap Ketua PSHT Kubar, Suparlan kepada wartawan.

Lanjut Suparlan, pengesahan warga baru ini, rata-rata sudah menyelesaikan latihan antara 1,5 hingga 2 tahun. Sehingga dapat diketahui, agar tidak menjadi sorotan masyarakat. Lanjut Suparlan, prosesi pengesahan warga baru tetap mengedepankan protokol kesehatan di situasi pandemi Covid-19.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebab kami tidak menginginkan kegiatan pengesahan warga baru PSHT bisa berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19,” tegas Suparlan.

Sementara Ketua KONI Kubar Stepanus SP, akan terus mendorong dan mendukung perkembangan PSHT Pusat Madiun Cabang Kubar. Terlebih, PSHT merupakan salah satu perguruan pencak silat yang terdaftar di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) khususnya diwilayah Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

“Kehadiran PHST mendidik pencak silat sehingga dapat diandalkan menjadi atlet IPSI Kubar yang akan mengikuti pertandingan di berbagai jenjang, baik dikejuaran Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional,” tuturnya.

Tidak hanya itu, PSHT melalui IPSI Kubar akan mengikuti seleksi atlet diperhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2022 di Kabupaten Berau. Oleh karena itu, dirinya akan terus mendorong IPSI untuk melakukan pembinaan terhadap perguruan pencak silat ini.

“Kita akan mendorong dan membina agar PSHT Kubar bisa semakin besar. Karena banyak perolehan prestasi atlet pencak silat melalui pembinaan IPSI Kubar. Sehingga atlet berprestasi dapat diikut sertakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts