Bimtek Aneka Olahan Ikan Hasil Musrenbang

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dibuka secara resmi kemarin pagi (04/11) di Aula Gedung Graha Ruhui Rahayu,
Bimtek Pembuatan Aneka Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Tenggiri untuk yang keenam kalinya kembali terlaksana yang merupakan usulan warga melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan.

“Alhamdullillah ini adalah Bimtek Pembuatan Produk Makanan yang terakhir atau keenam kalinya ditahun 2020 ini, selama dua hari diikuti sebanyak 25 orang peserta yang berasal dari kota Samarinda terutama paling banyak dari kelurahan sungai kapih, kemudian hari ini dilanjutkan dengan kegiatan prakteknya,” ucap kepala Dinas Perindustrian Muhammad Faisal ketika membuka pelatihan baru-baru ini.

Menurut Faisal kegiatan ini merupakan implementasi dari hasil usulan masyarakat melalui musrenbang kelurahan Sungai Kapih tahun 2019, dengan dua target sasaran yakni para wirausaha baru (WUB) dan juga ditambah para IKM pangan yang terdampak covid dengan harapan bisa lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya.

“Mayoritas memang peserta dari kelurahan Sungai Kapih, karena kegiatan ini merupakan usulan dari masyarakat melalui musrembang kelurahan, jadi ini merupakan implementasinya untuk warga yang merupakan wirausaha baru,” lanjut Faisal.

Sementara itu menurut Rahman, instruktur kegiatan praktek hari ini mengatakan bahwa dia sangat senang, karena semua peserta tampak antusias mengikutinya.

“Seluruh peserta antusias sekali, terlihat semuanya ingin mencoba seluruh tahapan praktek yang diberikan, walaupun ini sebenarnya sederhana sekali tetapi membutuhkan kreativitas tinggi dan minat tinggi peserta untuk mencobanya” lanjut owner produk empek-empek ini.

Dikatakannya hari itu mencoba membuat beberapa produk makanan sehingga tidak membosankan prakteknya namun semua dengan bahan dasar ikan tenggiri.

“Bisa jadi beragam produk makanan atau aneka olahan ikan tenggiri seperti empek-empek, siomay, tahu bakso, pentol crispy dan sempolan crispy sehingga terlihat para peserta antusias sekali melihat, mencoba dan mencatat,” ungkapnya.(dho)

Bagikan:

Related posts