KPU Tetapkan BONI-AVUN Unggul di Pilkada Mahulu

Caption: Suasana rapat pleno rakipitulasi penghitungan suara Pilkada Mahulu, Selasa (15/12/2020)

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menetapkan hasil perolehan surat suara dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mahulu 9 Desember 2020.

Hasil penetapan itu dilaksanakan secara terbuka melalui rapat pleno rekapitulasi hasil pilkada yang digelar KPU Mahulu di kantor BP4D kawasan Tikah, UJOH Bilang, sejak pukul 9.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA, Selasa (15/12/2020).

Ketua KPU Mahulu Frederik Melawen dalam konferensi persnya ke awak media di Kantor BP4D Mahulu, Selasa (15/12/2020)

Rapat pleno terbuka yang di pimpin Ketua KPU Mahulu Frederik Melawen, menunjukkan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 02 Bonifasius Belawan Geh-Yohanes Avun (BONI-AVUN) unggul dengan 13.740 suara.

Disusul pasangan nomor urut 01 Y Juan Jenau-Indra Jaya (JUARA) meraih 6.897 suara. Dengan demikian pasangan BONI-AVUN dipastikan menjadi pemenang Pilkada Mahulu 2020.

Ketua KPU Mahulu Frederik Melawen mengatakan proses pelaksanaan pleno rekapitulasi berlangsung aman dan lancar. Keputusan hasil pleno ini tertuang dalam surat keputusan KPU Nomor 232/PL.02.6-KPT/6411/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilkada Mahulu 2020.

“Proses pelaksanaan pleno rekapitulasi berlangsung lancar dan aman. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara dalam Pleno ini, pasangan BONI-AVUN meraih suara terbanyak dan unggul dari pasangan JUARA,” ungkap Frederik Melawen kepada wartawan, usai rapat pleno tersebut.

Frederik mengatakan, hasil pleno ini tidak berbeda dengan hasil pleno di tingkat kecamatan (PPK) sehari sebelumnya. Total suara sah berjumlah 20637 suara, yang tersebar di 85 TPS yang ada di 50 kampung se-Kabupaten Mahulu. Kemudian suara tidak sah sebanyak 233 suara.

“Sementara untuk jumlah DPT dalam Pilkada Mahulu 26.544. Sedangkan jumlah suara yang sah dan tidak sah berjumlah 20.870 pemilih,” pungkas Frederik.

Untuk diketahui, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara ini mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian Resort Kutai Barat dan pihak Kodim 0912/Kbr, serta anggota Polsek dan Koramil Long Bagun.

Hadir dalam rapat pleno tersebut, Wakapolres Kubar Kompol I Nyoman Wijana, didampingi KBO Intel Polres Kubar Ipda Suyoto, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Kapolsek Long Hubung Ipda I Nyoman Darta, serta Kapolsek Long Apari Ipda Ruwadiantono dan Koramil Long Bagun Lettu I Wayan Sudiarsa di Ujoh Bilang.

Penulis : Alfian
Editor. :Redaksi (SK)

Loading