Polresta Gelar Apel Pengamanan Terpadu Pergantian Tahun Baru, Kerahkan 725 Personel

Caption: Kapolresta samarinda Kombes Pol Arif Budiman, bersama Wali Kota Samarinda H. Syaharie Jaang, sedang meninjau persiapan personel Gabungan Polisi-TNI beserta instansi pemerintah Kota Samarinda dan PMI serta Relawan dalam menjaga pergantian tahun 2021

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Jelang malam tahun baru 2021, Di kota Samarinda, Polresta Samarinda menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Terpadu Perayaan Malam Tahun Baru 2021 di lapangan Apel jalan Slamet Riyadi Kelurahan Karang Asam Ulu Kecamatan Sungai Kunjang, Kamis (31/12/2020) tadi sore.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K. M.Si dan dihadiri Walikota Samarinda Syaharie Jaang. Peserta yang mengikuti kegiatan Apel ini terdiri dari Polri – TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (dishub), DAMKAR, PMI, BPBD, dan lainnya.

Kombes Pol Arif Budiman menerangkan adanya pergantian tahun tentunya dapat meningkatkan aktifitas kegiatan masyarakat dan sangat berpotensi adanya gangguan kamtibmas, gangguan lalu lintas, serta pelanggaran protokol kesehatan.

“Untuk itu, Polrestas Samarinda menyelenggarakan pelaksanaan pengamanan ini, dengan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis, tetap menegakkan hukum dengan tegas dan professional,” lanjutnya saat memberikan sambutan pada Apel yang dilaksanakan secara protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran covid-19 ini.

“Jangan sampai adanya kluster baru dalam malam tahun baru ini, tidak ada pesta miras, pelacuran, narkoba, balapan liar, kenakalan remaja, serta tindakan kriminal lainnya,” ujarnya.

Arif menyebutkan ada beberapa titik yang rawan terutama jalur sepanjang Tepian Mahakam akan ditutup dan sejumlah ruas jalan akan dijaga kepolisian dialihkan ke jalan lainnya. Hal ini katanya guna mencegah terjadinya kerumunan massa yang merayakan acara malam tahun baru 2021.

“Dalam pelaksanaan Operasi pengamanan ini pihak kepolisian telah menyiapkan akan mengerahkan 725 personel gabungan dari Polri – TNI dan jajaran Forkopimda, serta bekerjasama dengan pihak pemerintah daerah samarinda (Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD, PMI Samarinda, Senkom, dan relawan,” terangnya.

Untuk kegiatan ini sebutnya dimulai pada pukul 17.00, dan untuk Patroli skala besar akan dilaksanakan pada pukul 20.00 ini berkumpul di posko simpang tiga Kantor Gubernur Kaltim. “Jadi kita pastikan tidak ada kegiatan yang di lakukan oleh masyarakat kota Samarinda,” tegasnya.

Ia menegaskan diatas jam 21 malam akan dilakukan pemadaman listrik di area tepian Mahakam, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang berkumpul.

Di tempat yang sama Wakil Kasat Lantas Polresta Samarinda Iptu Arif Ridho menjelaskan bahwa pada pelaksanaan malam tahun baru ini, melakukan penutupan sepanjang jalur tepian Mahakam dan menutup 3 jalur utama yaitu jalan Slamet Riyadi, jalan RE Martadinata, dan jalan Gajah Mada. “Arus lalu lintas kita alihkan dan memperlakukan rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru 2021,” ucapnya.

Setiap titik ada 3 personil, dan membentuk Team Urai yang bertugas untuk mengurai kemacetan yang terjadi menjelang perayaan tahun baru 2021. “Titik yang ramai yakni tepian, jembatan mahkota 2, dan Taman Samarendah, semua sudah kita plotingkan personel lalu lintas dan gabungan lainnya yang bertugas malam pergantian tahun baru ini. Untuk penutupan jalur tersebut di lakukan mulai pukul 20.00 hingga pukul 01.00 dini hari,” tuturnya. (AI)

Editor: Doni

Bagikan:

Related posts