Temui Sandiaga Uno, Andi Harun Tawarkan Konsep Pembangunan Kawasan Pariwisata Mahakam

JAKARTA, Swara Kaltim
Usai bertemu dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (menPAN-RB) Tjahjo Kumolo, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun kemudian menyambangi sahabatnya yang kebetulan dipercaya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Rumah Dinas Menparekraf Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/04/2021).

Menurut Andi harun APBD Kota Samarinda yang relatif kecil sementara sektor pembangunan yang ingin dicapai sangat banyak. Hal itu tentu memerlukan pembiayaan yang sangat besar, oleh itu ia meminta kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk berinovasi tidak hanya berfokus pada satu atau dua program yang benar – benar bermanfaat untuk masyarakat.

“Kita tidak menyusun banyak daftar program dan belanja, tetapi cukup satu hingga tiga program namun efek atau impact nya kepada masyarakat sangat besar, itu yang kita ingin mengefisienkan anggaran,” ungkap Andi Harun.

Pada bidang kegiatan pembangunan yang berimpact besar, lanjut Andi Harun terutama dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda tumbuh positif dengan menggerakkan sektor ekonomi kreatif dan UMKM serta salah satu diantaranya ialah pengembangan pariwisata.

Antara pengembangan pariwisata dan ekonomi UMKM ini menurutnya satu kesatuan yang saling berhubungan, oleh karena itu pihaknya mencari sumber – sumber pembiayaan di pusat, dan salah satu diantaranya ialah di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini (Kemenparekraf).

“Hari ini saya menawarkan konsep pembangunan kawasan pariwisata Mahakam, karena Samarinda ini merupakan Kota yang dibelah Sungai terbesar kedua di Indonesia (Sungai Mahakam), ini sebenarnya potensi wisata dimana kita juga diuntungkan dengan faktor demografi dengan jumlah penduduk hampir 1 juta jiwa dan lebih strategis lagi Samarinda merupakan daerah yang nanti akan bertetangga dengan Ibu Kota Negara (IKN), tentu ini adalah faktor positif sekaligus penambah nilai strategisnya sektor – sektor pembangunan yang akan kita bangun di Samarinda,” ungkap Andi Harun.

Menurutnya Kalimantan Timur akan menerima limpahan penduduk dari bergesernya jumlah aparatur Negara baik itu sipil, TNI dan Polri ke Kaltim ditambah usaha – usaha yang nantinya juga akan secara bertahap masuk berinvestasi di Kaltim.

“Samarinda, kita harus mempersiapkan diri mulai dari infrastruktur, kemudahan perizinan juga harus disiapkan, tetapi jauh lebih dari itu kita harus memperkuat regulasi agar putera – puteri Samarinda mendapatkan manfaat dari hiruk pikuk IKN dengan segala implikasi manfaatnya bagi Samarinda terutama didunia investasi dan usaha, kita berharap bahwa sektor tenaga kerja menjadi peluang emas bagi warga Kalimantan Timur khususnya warga Kota Samarinda, kita harus berbenah,” tutup Andi Harun. (KMF-SMD)

Bagikan:

Related posts