Pertengahan Ramadhan Volume Sampah Masih Sama, Tapi…


SAMARINDA, Swara Kaltim
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda Nurrahmani mengemukakan tepat hingga 15 Ramadhan, di kota Samarinda belum terjadi adanya lonjakan sampah di ibu kota Kaltim ini.
“Sejauh ini belum ada kenaikan atau penambahan komposisi sampah. Volume sampah masih sama. Yang berubah adalah komposisi sampah,” ucap Nurrahmani ketika dihubungi via pesan Whatsapp kepada Swara Kaltim, Selasa (27/4/2021).
Ia menjelaskan perubahan komposisi sampah, dimana lebih banyak basahnya dan urutan keduanya plastik kresek.
“Plastik kresek di urutan kedua. Padahal kita selalu mengingatkan agar sudah tidak menggunakan kantongan plastik. Bahkan di bulan puasa ini, di pasar Ramadhan juga sudah kita imbau warga agar membawa kantongan non plastik dari rumah,” ungkap Yama, biasa Nurrahmani disapa.
Mantan Camat Sungai Kunjang kembali mengingatkan juga terutama di jajaran ASN ketika belanja dimana pun dan di saat ini juga sering belanja di pasar Ramadhan agar menjadi bagi warga dengan membawa kantongan non plastik dari rumah.
Kembali ke masalah penanganan sampah selama Ramadhan, Yama mengungkapkan selalu melakukan patroli keliling di Samarinda. Ini dimaksudkan untuk memastikan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.
“Setiap di bulan puasa, kami selalu patroli keliling Kota Samarinda memastikan jangan sampai masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya. Kami berharap perilaku ini harus bisa dirubah untuk kebaikan kota kita yang sama-sama kita cintai ini,” pungkas Yama.(dho)

Bagikan:

Related posts