Forum Diskusi Perpajakan di Gelar Biro Umum

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Forum Diskusi Perpajakan di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, dilaksanakan di ruang Magnolia Meeting Room Lantai 6 Hotel Astara Balikpapan, dikutip Swara Kaltim melalui berita Biro Humas Setprov Kaltim, Kamis (27/5/2021).

Kepala Biro Umum Hj Norhayati Usman, ketika membuka mengungkapkan, dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya aparatur tentang tata kelola perpajakan dan optimalisasi pemungutan pajak-pajak terhadap wajib pajak pada biro-biro serta memberikan pengetahuan terbaru tentang perpajakan, maka dilaksanakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sebagai upaya pembinaan kepada pengelola keuangan dilingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim tahun anggaran 2021” terangnya.

Dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif untuk perbaikan bersama dalam penatakelolaan keuangan.

“Dengan mengikuti kegiatan ini para peserta dari 9 Biro termasuk Biro Umum dapat memperoleh informasi dan menambah pengetahuan terbaru tentang perpajakan dan tata cara pemungutan atau pemotongan, penyetoran dan pelaporan pajak yang benar, cepat dan bertanggungjawab,” harapnya.

Ketua Panitia Kepala Bagian Keuangan Diana Rosalita menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini, sebagai upaya Biro Umum dalam rangka pembinaan pelaksanaan keuangan daerah atau APBD 2021 khususnya terkait tata kelola perpajakan terhadap DPA Biro-biro pada Setda Provinsi Kaltim.

“Sebagai wadah penyampaian kasus/kejadian/pengalaman tata kelola perpajakan terhadap penyelenggaraan keuangan daerah”, terangnya.

Materi yang akan disampaikan meliputi kewajiban instansi Pemerintah menyelenggarakan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintah.

“Kedua, kewajiban bendahara pengeluaran pada satuan kerja dalam tata kelola jenis-jenis pajak dan ketiga penggunaan surat e-filing,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ini narasumber dari Kantor Wilayah Ditjen Pajak Kalimantan Timur dan Utara Marlyn Priscilla dan Agus Sugianto serta peserta dari 9 Biro terdiri dari Bendahara Pengeluaran, Bendahara Pengeluaran Pembantu dan PPTK.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)