Samarinda Raih Opini WTP ke 7, Andi Harun Sebut Mempertahankan Itu Lebih Sulit

SAMARINDA, Swara Kaltim
Diawal jabatannya, Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun bersama Wakil Wali Kota Dr H Rusmadi atas nama Pemerintah Kota Samarinda meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  tahun 2020. Untuk tahun ini adalah yang ke 7 kali secara berturut-turut.
Penyerahan Dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD tahun anggaran 2020 ini diserahkan langsung oleh kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar kepada Wali Kota bersama ketua DPRD Samarinda Sugiyono didampingi Wawali Rusmadi di kantor BPK RI Perwakilan Kaltim jalan M Yamin, Jumat (28/5/2020).
“Saya merasa tersanjung, bahagia dan bangga, karena atas semua perjuangan teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan dukungan teman-teman di DPRD, akhirnya kita bisa mempertahankan opini WTP yang ke 7 kalinya,” ucap Andi Harun dalam sambutannya seusai menerima dokumen LHP.
Andi Harun juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kepala Perwakilan beserta seluruh staf dan jajaran BPK RI Perwakilan Kalimantan Timur yang telah melaksanakan fungsi, tugas dan tanggungjawab konstitusional BPK untuk memastikan pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemkot Samarinda telah dilakukan secara tertib, efisien, efektif, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.
Dikatakannya lagi opini WTP ke 7 ini merupakan buah hasil kerja keras bersama.
Ia menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan anggota DPRD Samarinda yang telah mendukung program Pemkot Samarinda serta kepada seluruh kepala perangkat daerah beserta jajarannya, para pengelola keuangan yang merupakan ujung tombak pengelolaan keuangan daerah Kota Samarinda yang telah bekerja dengan baik.
“Semoga apa yang telah kita kerjakan ini memberikan sumbangsih positif terhadap kemajuan di Samarinda. Tetap memberikan kontribusi terbaik agar opini WTP dapat terus kita pertahankan,” tuturnya.
Andi Harun mengatakan, mempertahankan jauh lebih sulit dibanding meraihnya. Dimana Samarinda telah meraih WTP berturut-turut, dari tahun 2014 hingga tahun 2020.
Andi Harun mengatakan pula akan berusaha semaksimal mungkin untuk menindak lanjuti setiap catatan dan rekomendasi yang diberikan dengan harapan terjadinya peningkatan tata kelola keuangan daerah di Kota Samarinda.
“Ada tiga catatan rekomendasi yang diberikan. Saya minta inspektorat untuk sesegeranya melaksanakan catatan yang diberikan. Saya minta mulai hari Senin sudah mulai dikerjakan tanpa harus menunggu instruksi tertulis dari wali kota,” beber mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim dua periode ini.
Dalam kesempatan itu wali kota didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda Dr H Sugeng Chairuddin, Asisten I Tejo Sutarnoto, Asisten II drg Nina Endang Rahayu, Asisten III Dr H Ali Fitri Noor dan kepala OPD terkait.(dho)

Bagikan:

Related posts