Peringatan Hari Lahir Pancasila Momentum Tekan Penularan Covid

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Sekprov Kaltim Muhammad Sa’bani mengatakan tanggal 1 Juni adalah Hari (Harlah) Lahir Pancasila. Peringatan hari lahir Pancasila bertujuan untuk mengingat sejarah perjuangan para perumus untuk melahirkan Pancasila.

“Peringatan hari lahirnya Pancasila menjadi momentum yang bisa melandasi semangat juang pada seluruh masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan yang saat ini kita hadapi dan mendapatkan solusinya,” kata Sa’bani usai menghadiri pelantikan Walilota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Pendopo Odah Etam Samarinda, Senin (31/5/2021).

Selain itu, lanjut Sa’bani peringatan Harlah Pancasila tahun ini, juga menjadi momentum untuk terus bersemangat dalam upaya bergotong royong menekan angka penularan Covid-19 di daerah, yang sampai saat ini masih terjadi. Yaitu mamatuhi anjuran pemerintah dengan penerapan 5M.

“Pandemi Covid-19, menjadi motivasi untuk kita terus bangkit dengan melakukan berbagai inovasi dan kreasi, dengan harapan Covid segera menghilang dan kita bisa  recovery, sehingga perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Peringatan Harlah Pancasila, Sekprov Sa’bano mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali meningkatkan pemahaman dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila Pancasila.

Dikatakan, Pancasila sebagai dasar negara memiliki butir-butir nilai yang berkaitan langsung dengan aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.Apalagi saat ini di tengah pandemi  Covid-19 yang masih mewabah, Pancasila dapat menjadi perekat dan menguatkan persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat.

“Ditengah pandemi Covid-19  seluruh lapisan masyarakat harus mampu menempatkan persatuan dan kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa,  dengan tidak saling menyalahkan. Namun semuanya justru diharapkan bisa memberikan dukungan penuh kepada pemerintah yang telah berupaya semaksimal mungkin mengatasi Covid-19 serta dampaknya,”pesan Sa’bani.(mar/yans/humasprov kaltim).

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)