Integrasi Data Sukseskan Pembangunan Rumah Layak Huni

SAMARINDA, Swarakalti.com – Pemprov Kaltim mengapresiasi atas pelaksanaan Rapat Koordinasi I Sinkronisasi basis data PKP, Koordinasi Program Ditjen Perumahan dan Sinkronisasi Kegiatan Pokja PKP dan Perum PKP Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim yang digelar Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Rabu (2/6/2021).

Melalui kegiatan tersebut dapat terintegrasi data di Provinsi Kaltim, sehingga menyukseskan pembangunan perumahan,  khususnya perumahan layak huni maupun bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Pemprov Kaltim prinsipnya mengapresiasi rapat koordinasi ini. Melalui kegiatan ini terintegrasinya data yang baik seluruh kabupaten dan kota dalam pembangunan rumah layak huni maupun MBR,” sebut Sekprov Kaltim HM Sa’bani ketika membuka rakor tersebut yang dihadiri Direktur Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid diwakili Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Kalimantan II Nursal.

Menurut, Sa’bani, dengan terintegrasi data yang baik, maka perencanaan pembangunan juga akan baik atau program pembangunan lebih mudah. Program tersebut dapat menjangkau seluruh wilayah di Benua Etam Kaltim. Begitu juga dengan kualitas pembangunan yang dilaksanakan.

“Jika kualitas bagus, maka pemerintah daerah juga senang. Apalagi masyarakat yang akan menerima pembangunan tersebut,” jelasnya.

Sedangkan untuk lahan, menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten dan kota untuk memberikan pendataan. Termasuk kondisi lahan tersebut dan status lahannya. Sehingga, Kementerian PUPR akan mudah memetakan pembangunan perumahan tersebut.

Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Kalimantan II Nursal mengatakan, untuk 2021 rencana dibantu pembangunan perumahan bagi MBR di Kaltim sebanyak 1.900 unit. Tetapi, sesuai verifikasi data, ternyata yang layak menerima  bantuan tersebut adalah 975 unit saja yang siap untuk dibangun.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts