Kampung Tertib Lantas Bukit Biru Kukar dinilai Korlantas Polri

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Kampung tertib lalu lintas Kelurahan Bukit Biru Tenggarong mendapat kunjungan dari perwakilan Korlantas Mabes Polri, AKBP Aldo Siahaan, yang juga selaku ketua tim tertib berlalu lintas, memberikan penilaian kepada kampung tertib lalu lintas yang ada di Kelurahan Bukit Biru, Kamis (3/6/2021).

Usai melakukan kunjunganya, perwakilan Korlantas Mabes Polri, AKBP Aldo Siahaan mengatakan bahwa kampung tertib lalu lintas di Kelurahan Bukit Biru akan mewakili Kukar untuk bersaing dengan Kabupaten PPU dan Kota Bontang.

Dari tiga kabupaten/kota ini dipilih salah satu untuk menjadi pemenangnya yang akan mewakili provinsi Kaltim untuk mengikuti lomba kampung tertib lalu lintas di tingkat nasional.

“Untuk wilayah Kaltim, kita punya tiga kampung yang menjadi unggulan, yakni Kukar, Bontang dan PPU,” lanjutnya

“Kemarin wilayah Bontang sudah di tinjau, dan hari ini di Kukar, besok saya lanjut meninjau wilayah PPU,” ujarnya.

Aldo menerangkan bahwa ada beberapa barometer yang menjadi penilaian terkait kawasan kampung tertib lalu lintas ini.

“Di antaranya, keberadaan rambu-rambu lalu lintas di sekitar kampung dan keberadaan trotoar untuk fasilitas pejalan kaki,” sambungnya.

“Wilayah Kukar khususnya kampung tertib lalu lintas yang ada di Bukit Biru ini, sudah bagus serta ada beberapa barometer yang telah diberikan untuk jadi penilaian sudah terpenuhi,” jelasnya.

“Dan semakin mendekati barometer kami, maka semakin besar dia menjadi kampung tertib lalu lintas yang terpilih nantinya,” tuturnya.

“Kampung tertib lalu lintas ini didirikan untuk mengedukasi masyarakat sejak usia dini,” katanya.

“Karena masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya berlalu lintas, untuk itu kesadaran tertib berlalu lintas harus dimulai dari komponen masyarakat yang paling kecil, yakni dalam lingkup keluarga,” ungkapnya.

“Pihak keluarga (orang tua) dalam hal ini terutama bapak yang mengingatkan anaknya, begitupun sebaliknya anak juga turut mengingatkan bapaknya kalau lupa menggunakan helm,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kukar, AKP Anak Agung Ngurah Alit Saputra menyampaikan bahwa kampung tertib lalu lintas ini perlu dukungan dari masyarakat Bukit Biru.

Ia pun mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada warga Bukit Biru.

“Saya juga berharap, Bukit Biru bisa menjadi percontohan kampung tertib lalu lintas bagi kampung-kampung lainnya di Kukar. Sehingga budaya tertib lalu lintas itu dapat terwujud,” pungkasnya. (*/AI)

Editor : Doni

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts