TTG Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi  mengharapkan kehadiran Teknologi Tepat Guna (TTG)  yang merupakan hasil kreasi dan inovasi masyarakat pedesaan dan kelurahan, dapat meningkatkan usaha pembangunan  dan perekonomian masyarakat pedesaan.

“Kita harapkan inovasi-inovasi teknologi tepat guna yang diciptakan bisa bermanfaat bagi masyarakat pedesaan dan dapat diduplikasi sehingga dapat memudahkan  seluruh aktivitas kehidupan masyarakat pedesaaan,” kata Hadi Mulyadi usai membuka gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-VII Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2021, di Atrium Plaza Balikpapan (18/6/2021).

Untuk itu, kata mantan legislator Karang Paci dan Senayan, sangat penting dikembangkan secara menyeluruh pembangunan keunggulan kompetitif atau berdaya saing, perekonomian yang berbasis sumber daya alam yang tersedia, SDM yang berkualitas dan  memiliki kemampuann ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Teknologi merupakan salah satu faktor pendorong perubahan di bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat, karena TTG jika dimanfaatkan secara tepat dan optimal dapat meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi dan memberikan nilai tambah bagi kegiatan ekonomi produktif masyarakat,” katanya.

Ke depan, Hadi Mulyadi mengharapkan   masing-masing daerah harus memiliki sentra inovasi untuk percepatan pengembangan teknologi terapan karena manfaatnya sangat luas bagi masyarakat, terutama untuk menunjang perekonomian warga desa.

“Apabila setiap daerah telah memiliki sentra inovasi dan sentra koordinasi pengembangan TTG, maka peran Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di setiap kecamatan akan lebih maksimal,” tandasnya.

Hadi Mulyadi   menambah,  dampak dari maksimalnya peran Posyantek di tiap kecamatan antara lain penemuan baru dan pengembangan teknologi yang ada sebelumnya akan terus meningkat. Hal ini terjadi lantaran tiap saat para pelaku dan pemanfaat teknologi kerap mendapat dorongan dari pemerintah daerah.

“Untuk itu, diminta masing-masing daerah dapat membentuk sentra koordinasi yang bisa mengoordinir pelayanan penemuan teknologi berkaitan dedngan penentuan teknologi yang tepat hingga proses pemanfaatannya bagi masyarakat,” pesan Hadi Mulyadi.(mar/yans/humasprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts