Gathering UMKM Pengembangan Industri Pangan Lokal

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kaltim menggelar Gathering UMKM dalam rangka pengembangan industri pangan lokal (PIPL) Hotel Royal Suite Balikpapan, dikutip swara kaltim melalui berita Biro Humas Setprov Kaltim, Senin (28/6/2021).

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pangan TPH Kaltim Siti Farisyah Yana, dirangkai Pelatihan UMKM tahap I dan tahap II pada 28-30 Juni berlangsung secara offline dan virtual.
Gathering yang menampilkan produk olahan pangan lokal UMKM diikuti pelaku UMKM pangan lokal dan dinas/instansi yang menangani ketahanan pangan se Kaltim.

Narasumber dari Kadis Koperasi UMKM Balikpapan, Kadis Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan, Ketua DPD Persatuan Gizi Kaltim dan Perbankan (BI cabang Balikpapan, BPD Kaltimtara Syariah dan BTPN Syariah Balikpapan). 

Dalam sambutannya, Siti Farisyah Yana menyampaikan Gathering bagian sarana promosi dan penguatan jejaring kerjasama, seperti penguatan akses permodalan dan kerjasama pemasaran.

“Untuk penguatan pangan lokal, kita harus fokus pada budidaya bahan baku, pengolahan dan pemasaran,” ujar Yana.

Selain itu, PIPL merupakan langkah stategi dalam diversifikasi pangan dan menghadapi produk pangan berbahan baku tepung import yang banyak beredar dipasaran.

Yana berharap UMKM harus membentuk korporatisasi agar memiliki bargaining position atau posisi tawar yang bagus untuk menentukan harga suatu produk industri pangan.

“Sehingga pelaku UMKM kita mampu melakukan negosiasi tawar yang kuat, sekaligus penguatan kapasitas produk dan usaha, SDM dan pasar,” ungkap Yana.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts