Aman dan Halal, Awal Juli Mendatang Vaksinasi Diperluas Mulai Usia 18 Tahun Keatas

MAHAKAM ULU, Swaraktim.com – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Mahulu, akan melanksanakan vaksinasi Covid-19 secara menyeluruh kepada masyarakat pada awal Juli mendatang.

Hal itu dipaparkan Kepala Dinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso, dalam memantau pelaksanaan vaksinasi massal yang berlangsung pada Sabtu (26/6/2021) di tribun lapangan UJoh Bilang, Kecamatan Long Bagun.

“Kedepannya, pada 1 Juli mendatang, vaksinasi berlaku bagi kelompok sasaran semua penduduk yang diperluas untuk tahapannya dari usia 18 tahun keatas,” ungkap Teguh kepada Swarakaltim.com.

Kendati demikian, saat ini pihaknya tinggal menunggu surat edaran dari Kementrian Kesehatan RI dan Dinkes Pemprov Kaltim, terkait rencana pelaksanaan vaksinasi massal dengan target satu juta, satu hari ini, yang diberlakukan bagi semua penduduk di Indonesia.

“Untuk Mahulu sendiri, telah mensiagakan semua petugas kesehatan disetiap Puskesmas agar melakukan persiapan vaksinasi. Hal yang penting kita harus memperhatikan pendistribusian ketersedian vaksinasi ini kesemua Puskesmas se-Mahulu,” tutur Teguh.

Selain itu ia menegaskan, dengan di selenggarakannya vaksinasi ini, guna mensukseskan program pemerintah pusat, melalui vaksinasi satu juta orang satu hari. Oleh karena itu, diharapkan terciptanya kekebalan kelompok atau Herd Immunity terhadap virus pandemi global tersebut.

“Selanjutnya kita telah menargetkan pelaksanaan vaksinasi setiap harinya disemua puskesmas se-Mahulu. Untuk itu kita terus memantau pelaksanaannya melalui group WhatsApp pelayanan yang telah kita buat, agar terus di update datanya setiap hari,” tutur Teguh.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut untuk melaksanakan suntikan vaksinasi Vovid-19. Sebab kata dia, vaksin Sinovac atau AstraZeneca ni telah dinyatakan aman dari Kemenkes RI dan dinyatakan halal oleh Komisi Fatwa MUI sejak Oktober 2020 yang lalu.

“Tidak usah ragu untuk disuntik vaksin. Karena beragam kajian untuk memastikan bahwa vaksin Sinovac yang akan digunakan di Indonesia ini aman untuk digunakan masyarakat umum,” pungkasnya.

Sayangnya, banyak masyarakat yang ragu dengan tingkat keamanan dan kehalalan dari vaksin itu sendiri. Meski begitu, sebagian Puskesmas di wilayah Mahulu saat ini, sudah membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk warga pra lansia dan juga lansia maupun ODGJ.

Penulis : Alfian
Editor : Redaksi
Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts