Pemkab Berau Telah Siapkan Anggaran Kusus Untuk Insentif Nakes

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Berau Gamalis

Gamalis, Kalaupun ada keterlambatan, itu faktor administrasi saja.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.xom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus berupaya melakukan pencarian tambahan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang peran fungsinya sangat diharapkan mampu memaksimalkan penanganan pasien Covid-19 baik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun di Rumah Sakit Darurat (RSD). Menurut keterangan dari Wakil Bupati Berau Gamalis, Pemkab telah menyiapkan anggaran kusus bagi para Nakes yang memiliki SDM dibidangnya. Oleh sebab itu Gamalis mempersilahkan kepada masyarakat  yang memiliki skill kesehatan untuk bergabung menangani pasien agar pengananan bisa lebih maksimal.  

Gamalis juga menerangkan bahwa jika suatu saat ada keterlambatan pembayaran insentif Nakes tersebut bukan dikarenakan tidak ada anggaranya, namun hanya administratif saja, sebab anggaran baik insentif Nakes maupun untuk penanganan Covid-19 sudah disiapkan Pemkab tahun ini sebesar 114 Milyar. “Untuk Dokter saja insentif yang telah disiapkan sekitar Rp 10 juta perbulan dan untuk tenaga kesehatan Rp 7,5 juta per bulan, semoga angka ini bisa membantu mengganti capeknya tenaga para Nakes yang telah berjuang di garda terdepan, “jelas Gamalis.

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut juga memaparkan bawah Kabupaten Berau untuk penanggulangan COVID-19 membutuhkan sekitar 50 Tenaga kesehatan, namun sampai saat ini baru sekitar 20 tenaga yang dinyatakan lulus. “Terus terang saat ini yang kita hawatirkan bukan hanya pasien, namun juga para tenaga kesehatan kita yang sangat terbatas jumlahnya sehingga mereka dipaksa bekerja extra diluar batas jadwal dan kemampuanya,” paparnya

Dalam hal ini Wabup sangat berharap, jika perekrutan tenaga kesehatan bukan hanya sekedar mencari orang yang mencari pekerjaan, namun yang tulus mengabdikan diri untuk bekerjasama memerangi dan memutus penyebaran Covid-19 tersebut. “Bagi masyarakat lulusan kesehatan, saya harap bisa ikut bergabung dengan tim Nakes yang lain, sebab seluruh masyarakat mengharapkan berkat tenaga mereka, Covid-19 bisa dapat segera berlalu, “pungkas Wabup Gamalis. (nht).

Bagikan:

Related posts