Wawali Apresiasi BSC Isoman Support, Awalnya Relawan Tangguh Covid Bersiap ke Rescue

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi mengapresiasi relawan Bumi Sempaja City (BSC) Isoman Support yang hadir membantu para warga perumahan yang sedang isolasi mandiri (Isoman) sehingga membuat kampung Tangguh Covid dari awal Juni menangani 40 Kepala Keluarga (KK) kini tinggal 4 KK.

“Saya hadir di sini khusus untuk memberikan apresiasi kepada para relawan BSC isoman support beserta mereka yang telah memberikan bantuan termasuk yang meminjamkan rumah untuk posko sehingga mereka bisa membantu warga perumahan yang isoman hingga sampai sembuh,” ucap Rusmadi yang hadir sekaligus memberikan bantuan dengan didampingi kepala Bidang Pencegahan BPBD Samarinda Wahidudin, dan Lurah Sempaja Timur Agus Sukmana, Minggu (15/8/2021) pagi.

Ia merasa bersyukur dan bangga dengan kehadiran tim relawan Covid-19 di perumahan yang berada di jalan PM Noor kelurahan Sempaja Timur ini.

“Ini patut diteladani dan harapannya bisa memberikan inspirasi dan spirit bagi RT-RT maupun pemukiman lainnya yang belum melakukan hal seperti ini. Semoga bisa menyebar semangat relawan dan kepedulian warga yang juga memberikan dukungan kepada tim relawan,” kata Rusmadi yang hadir bersama isterinya Herli Warsita Rusmadi.

Dikatakan Rusmadi yang dilakukan warga Perumahan Bumi Sempaja ini baik mereka relawannya maupun para donaturnya sejalan dengan semangat program Pro Bebaya.

“Harapan kita melalui program Pro Bebaya bisa terbangun prakarsa dan partisipasi warga. Tapi semangat ini sudah ada di perumahan Bumi Sempaja,” tandasnya.

Rusmadi berharap tidak hanya sampai disini, kedepannya BSC Isoman Support sebagai relawan tangguh Covid-19 berubah menjadi BSC Rescue yang bukan hanya memberikan bantuan khusus Covid 19 aja tapi lebih luas.

Yang membuat Rusmadi salut lagi ada anak-anak yang tersentuh untuk ikut sebagai relawan dengan membagikan makanan ke rumah warga.

Koordinator Relawan BSC Isoman Support Guffran mengatakan awal Juni mereka menangani 40 KK dan kini tinggal 4 KK sebanyak 12 orang.

“Sampai saat ini bantuan masih banyak mengalir dan semangat warga yang sudah sembuh juga luar biasa memberikan bantuan. Jadi bantuan yang lebih ini kita salurkan juga ke lain,” ucap Gufi biasa Guffran disapa.

Gufi menyebutkan relawan BSC Isoman Support sangat terbantu karena mereka yang merupakan warga perumahan ini ada yang profesi dokter, perawat, ada dari apotik, rukun kematian serta berlatar belakang pemerintahan dan pengusaha.

“Yang dibantu bukan hanya mereka yang tidak mampu. Mereka yang mampu juga dibantu karen merupakan bentuk perhatian sehingga menjadi support luar biasa untuk sembuh,” ungkap Gufi lagi.

Gufi menyebutkan yang dilakukan relawan mulai dari penyemprotan disinfektan, berbagi nasi bungkus, sembako, obat-obatan bahkan secara mandiri melakukan tracing rapid test antigen kontak erat dengan warga yang postif dan bahkan menyiapkan tabung oksigen bagi warga isoman yang membutuhkan.

“Relawan kita yang dokter juga tiap hari melakukan konsultasi via telpon kepada warga yang isoman. Lengkap pokoknya. Saya sangat berterima kasih atas dukungan teman-teman relawan dan juga para donatur,” imbuhnya.

Termasuk terhadap pasangan suami isteri Roy dan Nana yang memberikan testimoninya, sehingga menggugah warga lainnya untuk melaporkan dan mendapatkan penanganan relawan BSC Isoman Support.

Ia menyampaikan pula bahwa bersiap untuk menjadi relawan rescue mengingat kawasan Bumi Sempaja dan sekitarnya juga daerah kawasan banjir.

Sementara salah satu relawan cilik Aira yang baru berusia 11 tahun mengaku ikut terpanggil karena sebelumnya juga pernah terpapar positif Covid-19.

“Alhamdulillah sudah sembuh, jadi bisa ikut membantu membagikan makanan ke rumah warga,” ungkap Aira seraya mengaku ada takut membagikan ke rumah-rumah warga.(dho)

Bagikan:

Related posts